Sri Mulyani: Covid-19 Ciptakan Lonjakan Kemiskinan Hanya dalam 2 Bulan

Agatha Olivia Victoria
6 Mei 2020, 16:50
pandemi virus corona, virus corona, sri mulyani, kemiskinan, pertumbuhan ekonomi
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memperkirakan ada tambahan 1,1 juta orang miskin akibat pandemi corona pada kuartal II 2020 jika menggunakan skenario berat dampak pandemi corona.

Pandemi virus corona memukul perekonomian seluruh dunia, termasuk Indonesia hanya dalam waktu beberapa bulan. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut wabah ini telah menyebabkan lonjakan pada angka kemiskinan

"Covid-19 hanya Maret sampai Mei sudah menyebabkan lonjakan angka kemiskinan kita," kata Sri Mulyani i dalam Rapat Kerja bersama Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat melalui konferensi video di Jakarta, Rabu (6/5).

Menurut dia, Covid-19 dapat memutarbalikan tren penurunan angka kemiskinan dalam 9 tahun terakhir. Jumlah penduduk miskin pada September 2019 tercatat sebanyak 24,79 juta jiwa, turun dari September 2011 yang sebesar 29,89 juta.

(Baca: Indonesia dalam Pusaran Gelombang Angka Kemiskinan Dunia)

Guna menjaga jumlah penduduk miskin, pemerintah akan terus menyalurkan bantuan sosial. "Ini jadi salah satu upaya untuk bisa jaga agar kemiskinan tidak semakin melonjak akibat Covid-19," ucap dia.

Sri Mulyani sebelumnya memperkirakan ada tambahan 1,1 juta orang miskin akibat pandemi corona pada kuartal II 2020. Angka tersebut berasal dari skenario berat pemerintah. Dalam skenario yang lebih berat, ia menyatakan bakal ada tambahan 3,78 juta orang miskin di Indonesia. 

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...