Bisnis Tertekan Pandemi Corona, Angkasa Pura II Pangkas Belanja Modal

Image title
7 Mei 2020, 07:10
Ilustrasi, calon penumpang beraktivitas di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta. PT Angkasa Pura II memangkas belanja modal tahun ini karena bisnis lesu terimbas pandemi Covid-19.
ANTARA FOTO/Fauzan/aww.
Ilustrasi, calon penumpang beraktivitas di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta. PT Angkasa Pura II memangkas belanja modal tahun ini karena bisnis lesu terimbas pandemi Covid-19.

Seretnya pemasukan imbas pandemi virus corona (Covid-19) membuat PT Angkasa Pura II merevisi belanja modal atau capital expenditure (capex) tahun ini.

President Director Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, perseroan memutuskan memangkas capex tahun ini menjadi Rp 1,4 triliun dari sebelumnya sekitar Rp 7,8 triliun. Meski capex berkurang, proyek-proyek strategis dipastikan masih tetap berjalan.

Advertisement

“Alokasi anggaran capex tersebut sejalan dengan arah dan strategi perseroan yang kini fokus menjaga stabilitas dan kinerja usaha perseroan di tengah pandemi Covid-19,” kata Awaluddin dalam siaran pers, Rabu (6/5).

Capex tahun ini dialokasikan untuk sejumlah proyek pengembangan bandara yang  bersifat multiyears, pemeliharaan fasilitas, serta melanjutkan perumusan desain Terminal 4 Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Ia menjelaskan, proyek pengembangan multiyears terdiri dari pembangunan integrated building di Bandara Soekarno-Hatta, antara lain area komersial, perkantoran dan hotel. Adapun, perancangan desain Terminal 4 Soekarno-Hatta ditargetkan tuntas 2021, sehingga groundbreaking dapat dilakukan pada Januari 2022.

Tahun ini Angkasa Pura II juga mengejar pengembangan bandara yang dilakukan melalui kemitraan strategis. Hal ini dilakukan agar perseroan dapat berbagi capex dan memungkinkan rencana pengembangan tetap berjalan.

(Baca: Angkasa Pura II Optimalkan Jasa Kargo di Bandara selama Pandemi)

Halaman:
Reporter: Muchammad Egi Fadliansyah
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement