Marak Zoomboombing, Zoom Akuisisi Perusahaan Keamanan Data

Desy Setyowati
8 Mei 2020, 15:33
Marak Zoombombing, Zoom Akuisisi Perusahaan Keamanan Data
zoom
Ilustrasi tampilan Zoom

Zoom Video Communications mengumumkan akuisisi perusahaan di bidang keamanan dan privasi, Keybase pada hari ini (8/5). Aksi korporasi ini dilakukan di tengah maraknya zoombombing.

Zoomboombing merupakan fenomena orang asing ikut rapat online. Aksi gurauan ini sudah terjadi di beberapa negara, termasuk Singapura dan Indonesia.

Advertisement

Singapura bahkan melarang penggunaan Zoom untuk kegiatan belajar-mengajar. Padahal, aplikasi Zoom sempat melonjak akibat pandemi corona.

Merespons keluhan terkait keamanan tersebut, Zoom pun mengakuisisi perusahaan di bidang keamanan dan privasi. Melalui aksi korporasi ini, Zoom membangun enkripsi end-to-end untuk meningkatkan keamanan layanan.

“Inilah yang Zoom rencanakan untuk dibangun, memberikan keamanan bagi pengguna, kemudahan penggunaan, dan skala secara bersamaan,” kata CEO Zoom Eric S. Yuan dalam siaran pers, Jumat (8/5).

(Baca: Zoomboombing Terjadi di RI, Rapat Online Disuguhi Foto & Video Porno)

Untuk mewujudkan keamanan tersebut, perusahaan membangun tim. Salah satu caranya, dengan mengakuisisi Keybase. “Membawa sekelompok insinyur keamanan yang kohesif seperti ini, secara signifikan memajukan rencana 90 hari kami dalam meningkatkan keamanan,” ujarnya.

Pendiri dan pengembang Keybase.io Max Krohn pun menyambut baik kolaborasi tersebut. "Suatu kehormatan untuk dapat membawa keahlian enkripsi kami ke platform yang digunakan oleh ratusan juta pengguna dalam sehari,” kata Max.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement