Kendala Verifikasi, Baru 51 Ribu Peserta Dapat Insentif Kartu Prakerja

Rizky Alika
11 Mei 2020, 20:33
insentif kartu prakerja, kartu prakerja
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi pekerja pabrik. Baru 51.255 peserta yang menerima insentif lantaran lambatnya proses verifikasi rekening bank/akun e-money dengan NIK kartu prakerja.

Manajemen pelaksana (PMO) Program Kartu Prakerja mencatat baru sebanyak 51.255 peserta kartu prakerja yang telah mendapatkan insentif bulanan sebesar Rp 600 ribu hingga Senin (11/5) pukul 16:00 WIB.

Direktur Komunikasi Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Panji Winanteya Ruky mengatakan, insentif tersebut belum dicairkan sepenuhnya lantaran ada backlog atau verifkasi yang belum selesai.

"Sampai hari ini kami fokus selesaikan backlog atau pekerjaan yang belum selesai. Kami juga fokus pada gelombang 3 agar dapat selesai beberapa waktu lagi," kata Panji dalam video conference, Senin (11/5).

Dari seluruh peserta yang sudah terdaftar dalam gelombang I dan II, tidak seluruh peserta sudah menyelesaikan pelatihan. Dari 456.265 peserta kartu prakerja gelombang I dan II, baru 360.650 peserta yang sudah membeli pelatihan serta baru 219.489 peserta yang menyelesaikan minimal 1 pelatihan.

(Baca: Sri Mulyani Sudah Gelontorkan Rp 1,6 Triliun untuk Kartu Prakerja)

Usai menyelesaikan 1 pelatihan, peserta harus memiliki akun rekening bank atau e-money yang telah teregistrasi dengan prinsip know your customer (KYC). Registrasi secara KYC ini dibutuhkan lantaran belum semua akun e-money teregistrasi melalui proses KYC.

Namun dari 219.489 peserta yang telah selesai pelatihan, baru 132.509 peserta yang memiliki akun e-money/bank yang telah melalui proses KYC. Dari jumlah tersebut, para mitra pembayaran telah melakukan verifikasi 55.101 akun e-money/bank peserta.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...