Penuhi Ketentuan Modal, Bank Yudha Bhakti Jual 1,32 Miliar Saham Baru

Image title
11 Mei 2020, 19:42
bank yudha bhakti tambah modal, ketentuan modal inti minimum, ojk
Katadata
Bank Yudha Bhakti akan jual 1,32 miliar saham baru dengan target perolehan dana Rp 396 miliar untuk memenuhi ketentuan modal inti minimum bank yang disyaratkan OJK.

PT Bank Yudha Bhakti Tbk (BBYB) bakal meraup dana segar senilai Rp 396,11 miliar dari hasil penerbitan saham baru alias rights issue sebanyak 1,32 miliar saham. Nilai nominal sahamnya Rp 100 per saham dengan harga pelaksanaan yang ditawarkan Rp 300 per saham.

Tujuan perusahaan meningkatkan modal ini untuk memenuhi ketentuan modal inti minimum perbankan yang disyaratkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Beberapa bank berstatus Bank Umum Klasifikasi Usaha 1 (BUKU 1) bergerak cepat menggalang permodalan.

Bank Yudha Bhakti merupakan salah satu bank yang masih memiliki modal inti di bawah Rp 1 triliun, yakni sebesar Rp 906,88 miliar per 31 Desember 2019.

(Baca: Setelah Rugi Bersih, Bank Yudha Bhakti Cetak Laba Rp 16 M Tahun 2019)

OJK telah menetapkan aturan agar modal inti bank umum minimal Rp 3 triliun pada tahun 2022. Sehingga, pada tahun ini modal inti bank sudah harus mencapai Rp 1 triliun dan kemudian secara bertahap naik menjadi Rp 2 triliun pada tahun 2021, hingga kemudian mencapai besaran yang disyaratkan OJK.

Berdasarkan dokumen prospektus yang terdapat di keterbukaan informasi, Senin (11/5), dijelaskan bahwa setiap pemegang 14 saham, berhak atas 3 saham baru ini. Jika saham baru yang ditawarkan ini tidak seluruhnya dibeli, maka sisanya akan dialokasikan kepada pemegang saham lainnya yang melakukan pemesanan lebih besar dari haknya.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...