Ditopang Efek Pelonggaran Lockdown AS, IHSG Diprediksi Naik Lagi

Image title
12 Mei 2020, 07:09
Ilustrasi, pergerakan harga saham di Bursa Efek Indonesia (BEI). IHSG diprediksi kembali menguat, ditopang oleh sentimen pelonggaran lockdown AS.
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/hp.
Ilustrasi, pergerakan harga saham di Bursa Efek Indonesia (BEI). IHSG diprediksi kembali menguat, ditopang oleh sentimen pelonggaran lockdown AS.

Pada perdagangan Selasa (12/5), indeks harga saham gabungan (IHSG) diprediksi kembali menguat, melanjutkan level penguatan yang telah diraih sehari sebelumnya.

Analis Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi menilai, secara teknikal IHSG mampu melanjutkan penguatan, dengan pergerakan di rentang 4.593-4.738 pada perdagangan hari ini.

Dari sisi sentimen, upaya Presiden AS Donald Trump meyakinkan masyarakat Amerika Serikat (AS) untuk kembali bekerja, dan menjalani aktivitas sosial, bisa menjadi sentimen positif bagi pergerakan IHSG.

"AS sendiri rencananya akan memperlonggar karantina wilayah atau lockdown mulai Rabu (13/5)," kata Lanjar.

Dari dalam negeri, rilis data transaksi transaksi berjalan oleh Bank Indonesia (BI), yang dijadwalkan pada 15 Mei 2020, juga tengah dinanti investor domestik.

Saham-saham yang dapat dicermati investor pada perdagangan hari ini antara lain, PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES), PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA), dan PT Barito Pacific Tbk (BRPT).

Selain itu, investor juga bisa mencermati saham PT Mayora Indah Tbk (MYOR), PT Wijaya Karya Tbk (WIKA), PT Summarecon Agung Tbk (SMRA), dan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP).

(Baca: IHSG Sesi I Naik 0,91% Meski Asing Masih Lepas Saham)

Penguatan IHSG juga diprediksi oleh Analis Binaartha Sekuritas M. Nafan Aji Gusta Utama. Secara teknikal, ia melihat ada indikasi penguatan lanjutan pada pergerakan IHSG menju resistance terdekat.

Ia memprediksi level resistance pertama dan kedua IHSG berada di level 4747 hingga 4975. Sementara, area support pertama dan kedua diprediksi berada di level 4.569 dan 4.443.

Adapun, sejumlah saham yang dapat menjadi pertimbangan investor pada perdagangan hari ini antara lain, PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA), PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI), PT Bukit Asam Tbk (PTBA), dan PT Vale Indonesia Tbk (INCO).

Analis Panin Sekuritas William Hartanto juga memprediksi IHSG hari ini bergerak menguat. Berdasarkan analisisnya secara teknikal, potensi pergerakan IHSG cenderung menguat dalam rentang level 4.565-4.730.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...