Surati Pengguna, CEO Tokopedia Akui Pihak Ketiga Mencuri Data

Cindy Mutia Annur
12 Mei 2020, 14:12
Surati Pengguna, CEO Tokopedia Akui Pihak Ketiga Mencuri Data
Tokopedia
CEO Tokopedia William Tanuwijaya

Sebanyak 91 juta data pengguna Tokopedia dikabarkan bocor pada pekan lalu (2/5). CEO Tokopedia William Tanuwijaya pun menyurati para pengguna layanannya dan mengakui bahwa ada pencurian data oleh pihak ketiga.

"Pada 2 Mei, kami menyadari adanya pencurian data oleh pihak ketiga yang tidak berwenang terkait informasi pengguna Tokopedia," ujar William dalam surat yang ditujukan kepada para pengguna Tokopedia, hari ini (12/5). 

Melalui surat tersebut, William pun menjabarkan langkah-langkah perusahaan dalam menangani pencurian data ini. Pertama, Tokopedia langsung memberikan informasi kepada seluruh pengguna terkait kebocoran data.

(Baca: Mengapa E-commerce jadi Sasaran Empuk Pembobolan Data?)

Lalu, perusahaan memulai proses investigasi dan mengambil langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk memastikan akun dan transaksi tetap terjaga. "Kami terus pastikan bahwa kata sandi telah dienkripsi dengan enkripsi satu arah," ujar William.

Kedua, perusahaan berkomunikasi dan bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) serta Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk menginvestigasi kejadian tersebut. Kerja sama ini sekaligus memastikan keamanan dan perlindungan data pribadi pengguna.

Ketiga, melakukan investigasi interna. Lalu, menunjuk institusi independen kelas dunia yang memiliki spesialisasi di bidang keamanan siber untuk membantu investigasi dan mengidentifikasi langkah-langkah yang diperlukan guna meningkatkan perlindungan data.

"Pengguna kami adalah prioritas utama. Maka dari itu, sebagai langkah pencegahan tambahan, kami mengajak seluruh pengguna Tokopedia mengikuti anjuran langkah pengamanan agar semua tetap terlindungi," ujar William.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...