Buka Terbatas Layanan Kereta Jarak Jauh, KAI Hanya Angkut 62 Penumpang

Agustiyanti
13 Mei 2020, 07:21
KAI, kereta jarak jauh, layanan kereta terbatas, pandemi corona, virus corona, covid-19, tiket kereta
ANTARA FOTO/Siswowidodo/foc.
Petugas PT KAI berbicang dengan satu-satunya penumpang di dalam Kereta Api Luar Biasa (KLB) relasi Surabaya Pasar Turi Ð Bandung saat transit di Stasiun Kereta Api (KA) Madiun, Jawa Timur, Selasa (12/5).

PT Kereta Api Indonesia mencatat hanya terdapat 62 penumpang saat operasional hari pertama perjalanan kereta api jarak jauh secara terbatas di tengah pandemi corona. KAI kembali membuka layanan seiring berlakunya aturan yang memperbolehkan moda transportasi publik kembali beroperasi.

VP Public Relations KAI Joni Martinus menegaskan, seluruh penumpang tersebut merupakan penumpang mendapat pengecualian untuk bepergian sesuai SE Gugus Tugas Covid-19.

"Meski okupansinya tidak tinggi, pengoperasian KLB ini KAI tujukan untuk melayani masyarakat yang memiliki kebutuhan mendesak dengan tetap menerapkan protokol pencegahan Covid-19 yang ketat," ujar Joni dalam keterangan resmi, dikutip Rabu (13/5).

Dari 6 kereta yang beroperasi, KAI mencatat terdapat 22 penumpang pada KLB KP/10476 Gambir-Surabaya Pasarturi, 12 penumpang pada KLB KP/10477 Surabaya Pasarturi-Gambir, 8 penumpang KLB KP/10502 Gambir-Surabaya Pasarturi, dan 3 penumpang KLB KP/10507 Surabaya Pasarturi - Gambir. Lalu 11 penumpang KLB KP/10494 Bandung - Surabaya Pasarturi dan hanya 1 penumpang  pada KLB KP/10497 Surabaya Pasarturi - Bandung.

(Baca: Pemerintah Sebut Pelonggaran Larangan Penerbangan Bukan Relaksasi PSBB)

Joni menjelaskan, terdapat 96 personil yang bertugas pada Posko Satgas Covid-19 di berbagai Stasiun untuk melakukan verifikasi berkas calon penumpang. Petugas berasal dari unsur internal KAI, Kemenhub, TNI, Polisi, BPBD, Satpol PP, dan Dinas Kesehatan masing-masing daerah.

"Penumpang yang sudah diverifikasi berkasnya oleh Tim Satgas dapat langsung membeli tiket di loket stasiun keberangkatan penumpang," kata dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...