Ramadan Saat Pandemi, BNI Hanya Siapkan Uang Tunai Rp 10,2 T per Pekan

Image title
13 Mei 2020, 22:25
BNI, BBNI, uang, lebaran, pandemi corona, covid-19
ANTARA FOTO/Irwansyah Putra/foc.
Petugas Bank Negara Indonesia (BNI) Cabang Banda Aceh memperlihatkan uang pecahan yang dipersiapkan untuk memenuhi kebutuhan penukaran selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri di Banda Aceh, Aceh, Selasa (5/5/2020). BNI menyediakan uang tunai RP 10,24 triliun per pekan selama Ramadan.

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memprediksi kebutuhan uang tunai selama Ramadan 2020 turun karena pandemi corona. Perusahaan berkode saham BBNI itu pun menyediakan uang tunai lebih sedikit dibanding tahun lalu.

Direktur Teknologi Informasi dan Operasi BNI Y.B. Hariantono mengatakan perusahaan menyiapkan uang tunai rata-rata Rp 10,24 triliun per minggu terhitung sejak 26 April 2020 hingga 23 Mei 2020. Jumlah itu turun 17% dibandingkan tahun lalu yang mencapai rata-rata Rp 12,31 triliun per minggu.

Hariantono pun memperkirakan kebutuhan uang tunai akan mencapai puncaknya pada 17-23 Mei 2020, atau pekan terakhir sebelum Hari Raya Idul Fitri. Peningkatan kebutuhan pada periode tersebut disebabkan adanya pembayaran gaji & THR, kebutuhan uang tunai masyarakat, serta pemenuhan kebutuhan uang tunai untuk pengisian ATM.

“Kebutuhan tersebut diperkirakan akan mencapai puncak di pekan keempat dengan kebutuhan sebesar Rp 14,34 triliun,” Hariantono dalam konferensi pers virtual, Rabu (13/5).

Lebih lanjut, dia mengatakan, turunnya kebutuhan uang tunai pada Ramadan tahun ini disebabkan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di berbagai wilayah. Kebijakan tersebut diambil untuk mengendalikan penyebaran virus corona.

"Banyak fasilitas umum, seperti tempat rekreasi dan pusat perbelanjaan yang ditutup dan berdampak terhadap aktivitas penarikan uang tunai," katanya

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...