Bisnis Gadai Naik Saat pandemi, Pegadaian Yakin Cetak Laba Tahun Ini

Image title
15 Mei 2020, 07:10
pegadaian, pandemi corona, covid-19, virus corona, bumn
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/nz
Pegawai Pegadaian melayani nasabah di Kantor Cabang Pegadaian Bogor, jalan Juanda, Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis (14/5/2020). Pegadaian optimistis cetak laba meski pandemi corona.

PT Pegadaian (Perseroan) optimistis mencetak laba pada tahun ini. Pasalnya, bisnis gadai masih dibutuhkan terutama saat pandemi corona. 

Sekretaris Perusahaan Pegadaian R. Swasono Amoeng Widodo mengatakan perusahaan telah membuat tiga skenario dalam menghadapi penyebaran Covid-19. Skenario pertama jika virus corona bertahan hingga Juni 2020, skenario kedua jika bertahan hingga September 2020, dan ketiga jika berlangsung sampai Desember 2020.

Jika pandemi berakhir Desember 2020, ia memproyeksi, perusahaan tetap mencetak laba sekitar 75% dari target tahun ini sebesar Rp 3,3 triliun. Target laba perusahaan pada tahun ini lebih tinggi dari realisasi laba pada 31 Desember 2019 sebesar Rp 3,1 Triliun.

Stresst test yang kami buat, Pegadaian tetap dibutuhkan meskipun dalam situasi krisis,” kata Amoeng dalam konferensi pers virtual, Kamis (14/5). 

Untuk mencapainya, Pegadaian menargetkan ada penambahan nasabah baru sebanyak 1-1,5 juta nasabah. Strateginya dengan meluncurkan program gadai tanpa bunga atau bunga 0%.

Perusahaan juga menambah saluran khusus produk gadai dengan memanfaatkan transformasi digital. Selanjutnya, BUMN itu menawarkan program pick up dan delivery service dengan menggandeng Gojek dan Grab.

Dengan begitu, nasabah tak perlu datang ke kantor cabang Pegadaian. Dampaknya, perusahaan bisa mengurangi SDM di kantor cabang dan mensubsitusinya dengan memperbanyak SDM di divisi marketing.

“Tentunya kami juga akan efisiensi pengeluaran operasional dan produk nongadai kami pending,” ujarnya.  

(Baca: Tak Terpengaruh Pandemi, Bisnis Pegadaian Tumbuh 15,91%)

Halaman:
Reporter: Muchammad Egi Fadliansyah
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...