Cegah Antrean Membeludak, Slot Penerbangan di Bandara Soetta Dibatasi

Image title
15 Mei 2020, 11:59
maskapai penerbangan, Covid-19, slot penerbangan, antrean membeludak
ANTARA FOTO/Fauzan/pras.
Calon penumpang mengantre sebelum pemberangkatan di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (15/5/2020).

PT Angkasa Pura II (Persero) membatasi slot penerbangan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta menjadi 5-7 penerbangan per tiap jam di Terminal 2. Selain kebijakan pembatasan frekwensi penerbangan, AP II juga menata kembali sistem antrean penumpang, dan memastikan jumlah penumpang di setiap penerbangan hanya 50% dari kapasitas kursi pesawat.

Kebijakan untuk menjaga  jarak selama penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ini berlaku mulai hari ini setelah Kamis (14/5) kemarin antrean penumpang membeludak di Terminal 2 dan 3.

“Kami telah evaluasi dan kemudian mengimplementasikan kebijakan baru. Pada pagi hari ini, 15 Mei 2020, proses keberangkatan penumpang di rute domestik berjalan lancar di Soekarno-Hatta, baik itu di Terminal 2 dan 3,” kata kata President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin melalui siaran pers, Jumat (15/5).

(Baca: 13 Rute Penerbangan Bersamaan, Penumpang Membeludak di Bandara Soetta)

Tiga kebijakan ini agar penumpang tetap dapat berjaga jarak dengan orang lain untuk mengurangi risiko penularan virus corona atau Covid-19. Pertama, kebijakan sistem antrean penumpang di Terminal 2 kini dibagi menjadi empat posko.

Posko pertama adalah verifikasi dokumen calon penumpang yang dilakukan di curb side atau menjelang pintu masuk gedung terminal. Kemudian, posko kedua di dalam gedung terminal adalah tempat tempat calon penumpang mengisi dokumen kartu kewaspadaan kesehatan atau health alert card (HAC) dan formulir epidemiologi, serta pengukuran suhu tubuh.

Setelah itu calon penumpang memasuki pos pemeriksaan pertama (SCP I) untuk kemudian dilakukan verifikasi surat kesehatan dan dilakukan tes kesehatan oleh personel Kantor Kesehatan Pelabuhan. "Kemudian calon penumpang menuju konter check in untuk verifikasi seluruh dokumen dan memproses check in," kata dia.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...