Jasa Marga Prediksi Volume Kendaraan Turun 62% Saat Puncak Arus Mudik

Image title
13 Mei 2020, 12:48
Jasa Marga Prediksi Volume Kendaraan Turun 62% Saat Puncak Arus Mudik .
ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha
Sejumlah kendaraan memasuki gerbang Tol Cililitan, Jakarta, Jumat (31/1/2020). PT Jasa Marga memperkirakan volume kendaraan turun 62% saat periode mudik lebaran.

Perusahaan operator jalan tol, PT Jasa Marga (Persero) Tbk memprediksi puncak arus mudik lebaran tahun ini akan terjadi pada 21 Mei atau H-3 menjelang hari raya Idul Fitri. Namun, volume kendraan juga diperkirakan turun 62% dibandingkan saat kondisi normal. 

Operation & Maintenance Management Group Head Jasa Marga Fitri Wiyanti mengatakan, prediksi penurunan volume lalu lintas tersebut dihitung berdasarkan asumsi tak ada kegiatan mudik lebaran tahun ini. Hal ini sejalan dengan kebijakan larangan mudik oleh pemerintah serta pembatasan lalu lintas moda transportasi.

Kendati demikian, diperkirakan masih terdapat peningkatan distribusi lalu lintas kendaraan yang meninggalkan Jakarta ke arah Barat, Selaran dan Timur.

(Baca: Tak Ingin Corona Menyebar, Gugus Tugas Ingatkan Masyarakat Tidak Mudik)

Dari arah Barat melalui Gerbang Tol (GT) Cikupa diprediksi sebesar 22%, ke arah Selatan melalui GT Ciawi 2 sebesar 18%, dan ke arah Timur melalui GT Cikampek Utama 1. "Sedangkan dari GT Kalihurip Utama I sebesar 60%, yang mana 57% ke arah Trans Jawa, 43% menuju jalur Selatan,” kata Fitri dalam keterangan tertulis, Rabu (13/5).

Jasamarga Metropolitan Tollroad Division Head Reza Febriano menambahkan, ada tiga layanan utama yang disiapkan Jasa Marga untuk mengantisipasi arus mudik Lebaran tahun ini.

Pertama adalah layanan transaksi yang terkait fungsi peralatan tol sebesar 100%, menyiagakan personel tambahan untuk membantu tapping dan personil mobile reader serta tambahan teknisi untuk tetap siaga pada periode Lebaran 2020.

“Gardu operasi juga akan disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan dan kami pastikan pelayanan sesuai dengan SPM jalan tol tetap terjaga,” katanya. 

Kedua, perseroan menyiapkan layanan lalu lintas yang meliputi penempatan petugas di lokasi rawan kepadatan, pengamanan operasi terutama pada lokasi lokasi rawan gangguan kamtibmas, menyiagakan kendaraan pelayanan lalu lintas seperti mobil derek, ambulans dan lainnya.

Ditambah, Jasa Marga juga memastikan sarana dan prasarana jalan tol dalam kondisi baik, mengatur distribusi lalu lintas, dan mempercepat distribusi informasi melalui berbagai kanal.

Halaman:
Reporter: Muchammad Egi Fadliansyah
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...