Pertamina Akan Lanjutkan Proyek Kilang Cilacap Tanpa Saudi Aramco

Image title
26 Mei 2020, 13:19
Ilustrasi, Kilang Cilacap. Pertamina memutuskan menjalankan proyek Kilang Cilacap secara mandiri karena hingga kini belum ada kejelasan sikap dari Saudi Aramco.
Katadata
Ilustrasi, Kilang Cilacap. Pertamina memutuskan menjalankan proyek Kilang Cilacap secara mandiri karena hingga kini belum ada kejelasan sikap dari Saudi Aramco.

PT Pertamina memutuskan, melanjutkan proyek Refinery Development Master Plan (RDMP) atau Kilang Cilacap secara mandiri. Keputusan ini diambil karena hingga saat ini belum ada kejelasan dari mitra awalnya, Saudi Aramco.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman mengatakan pihaknya akan tetap berkomitmen untuk melanjutkan pengembangan proyek Kilang Cilacap. Di samping itu proses pencarian mitra baru juga akan dilakukan.

Advertisement

"Pertamina akan melanjutkan RDMP Cilacap secara mandiri, secara paralel akan dilakukan pencarian strategic partner," ujar Fajriyah, kepada Katadata.co.id, Selasa (26/5).

Sebelumnya, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan pihaknya masih menanti kesepakatan dengan Aramco hingga akhir April 2020 lalu. Meski begitu, hingga kini Aramco tak juga memberi lampu hijau untuk menamkan investasinya di Kilang Cilacap.

"Kami lihat sampai April 2020. Kalau tidak sampai sepakat, tidak menutup kemungkinan mencari mitra lain," kata Nicke dalam video conference April 2020 lalu.

Lebih lanjut, Nicke menyebut sembari menunggu kesepakatan dengan Aramco pihaknya akan fokus pada proyek kilang yang saat ini sudah berjalan. Beberapa diantaranya yakni seperti proyek kilang Balikpapan, Tuban, kilang Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI), dan Balongan.

(Baca: Pertamina Kebut Pembangunan Enam Kilang Demi Setop Impor BBM pada 2026)

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement