Bukalapak dan Shopee Ungkap Lonjakan Transaksi Selama Ramadan-Lebaran

Cindy Mutia Annur
27 Mei 2020, 21:00
Bukalapak dan Shopee Ungkap Lonjakan Transaksi Selama Ramadan-Lebaran
ANTARA FOTO/APRILLIO AKBAR
Ilustrasi, karyawan menunjukkan fitur pembelian tiket Kereta Api (KA) Bandara pada aplikasi Bukalapak dengan menggunakan gawai saat perjalanan dari Stasiun BNI City menuju ke Stasiun Bandara Soekarno-Hatta di Jakarta, Rabu (28/8/2019).

Bukalapak dan Shopee mencatat, transaksi melonjak selama ramadan dan lebaran tahun ini, meski ada pandemi corona. Kategori yang paling diminati yakni pakaian dan makanan.

Salah satu unicorn Tanah Air, Bukalapak mencatatkan peningkatan transaksi sekitar 10% lebih secara tahunan (year on year/yoy). “Kenaikan transaksi hingga double digit dibandingkan ramadan tahun lalu," ujar Head of Corporate Communications Bukalapak Intan Wibisono kepada Katadata.co.id, Rabu (27/5).

Advertisement

Kategori produk yang paling diminati yakni fashion pria dan anak-anak, serta makanan seperti kurma, parsel, dan kue lebaran, serta bahan makanan. Perlengkapan ibadah juga diminati selama ramadan.

Sedangkan selama lebaran, produk kategori elektronik seperti ponsel, Hobi & Koleksi, serta kendaraan yang paling diminati. Intan mengatakan, perusahaan akan selalu memantau dan berkomunikasi dengan para mitra penjual untuk memastikan ketersediaan produk.

(Baca: Shopee dan Blibli Bidik Transaksi Naik Empat Kali Lipat selama Ramadan)

Shopee juga mencatatkan peningkatan transaksi selama ramadan dan lebaran. Khusus untuk kategori pakaian muslim, perlengkapan rumah, makanan dan minuman, serta kebutuhan ibu dan anak bahkan meningkat hingga empat kali lipat dibandingkan hari biasa. 

"Barang-barang  itu meningkat selama ramadan tahun ini, karena ada PSBB dan anjuran untuk di rumah," ujar Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja saat konferensi pers secara virtual, beberapa waktu lalu (19/5). 

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement