Buru Giant Discovery, Eksplorasi Migas Perairan Natuna Perlu Digenjot

Image title
28 Mei 2020, 19:56
Buru Giant Discovery, Eksplorasi Migas Perairan Natuna Perlu Digenjot .
Katadata
ilustrasi eksplorasi migas. Pengamat menilai kegiatan eksplorasi di perairan Natuna perlu ditingkatkan untuk mendapat cadangan gas berskala besar (giant discovery).

Pelaku industri migas mendorong perusahaan lebih meningkatkan kegiatan eksplorasi di perairan Natuna. Sebab, perairan tersebut dinilai menyimpan potensi cadangan gas yang besar atau Giant Discovery.

Praktisi sektor hulu migas Tumbur Parlindungan megatakan, Indonesia perlu memaksimalkan kegiatan eksplorasi di perairan Natuna. Terlebih dengan ditemukannya potensi gas di Lapangan Mako, Blok Duyung oleh Conrad Petroleum, diprediksi akan mempengaruhi iklim investasi migas di Indonesia.

"Conrad sebagai salah satu pionir harusnya diapresiasi. Sebab, ini akan mengundang investor lain untuk melakukan eksplorasi di daerah yang sudah terbukti mempunyai resources besar," ujar Tumbur kepada katadata.co.id, Kamis (28/5).

(Baca: Conrad Klaim Lapangan Gas Mako Salah Satu yang Terbesar di West Natuna)

Lebih lanjut, dia menyebut Indonesia membutuhkan lebih banyak investor seperti Conrad yang siap melakukan eksplorasi di daerah perbatasan. Wilayah Natuna menurutnya kerap kali menjadi rebutan negara lain seperti Tiongkok dan negara lain karena menyimpan potensi migas yang besar.

"Kita harus meningkatkan kegiatan eksplorasi di daerah tersebut untuk NKRI.  Karena, nanti bisa diambil negara lain," ujarnya.

Apalagi menurut Tumbur beberapa Blok Migas yang mempunyai cadangan besar juga berasal dari perairan Natuna. Seperti Natuna D-alpha yang ditaksir memiliki cadangan di atas 140 TCF dengan kadar karbondioksida (CO2) yang cukup tinggi.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...