Bank Dunia Kucurkan Lagi Pinjaman Rp 3,6 T ke RI untuk Tangani Corona

Agustiyanti
30 Mei 2020, 08:05
bank dunia, pinjaman bank dunia, utang bank dunia, pandemi corona, pinjaman tanggap darurat covid-19.
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/pras.
Ilustrasi. Bank Dunia menyetujui pinjaman sebesar US$ 250 juta atau setara Rp 3,6 triliun untuk Indonesia.

Bank Dunia menyetujui pinjaman sebesar US$ 250 juta atau setara Rp 3,6 triliun untuk Indonesia dalam rangka mendukung penanganan Covid-19.

Pinjaman ini akan difokuskan untuk memperkuat aspek-aspek utama tanggap darurat Indonesia terhadap pandemi Covid-19, termasuk melengkapi fasilitas rujukan di bawah Kementerian Kesehatan, meningkatkan persediaan alat pelindung diri, memperkuat jaringan laboratorium dan sistem pengawasan, serta mendukung pengembangan dan penggunaan protokol untuk memastikan layanan yang berkualitas

"Sebuah kehormatan bagi kami untuk mendukung upaya Pemerintah Indonesia dalam menghadapi COVID-19 pada sektor kesehatan, ekonomi, dan sosial. Hal ini sangat penting bagi upaya yang berkelanjutan dalam mengurangi kemiskinan dan melindungi modal manusia Indonesia," ujar Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia dan Timor Leste Satu Kahkohen dalam keterangan resmi dikutip Sabtu (30/5).

Adapun program pendanaan ini juga merupakan kerja sama yang terkoordinasi bersama  mitra lembaga multilateral lain, termasuk US$250 juta pendanaan bersama dari Asian Infrastructure and Investment Bank dan pembiayaan paralel sebesar US$200 juta dari Islamic Development Bank.

(Baca: Pemerintah Beberkan Alasan Suntikan Dana Jumbo ke BUMN saat Pandemi)

Melalui program ini, Indonesia juga diharapkan lebih siap dalam menghadapi penyebaran penyakit menular lain di masa yang akan datang. Ini terutama terkait dengan peningkatan tingkat pelaporan, serta penguatan sistem pengawasan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...