Kondisi Brasil Memburuk Akibat Covid-19, Hampir 500 Ribu Kasus Positif

Safrezi Fitra
31 Mei 2020, 10:45
virus corona, corona, brasil, brazil, covid-19, amerika latin
ANTARA FOTO/REUTERS/Amanda Perobelli/foc/dj
Amanda Perobelli Dokter Luciana Souza dan perawat Edson dos Santos berbincang saat beristirahat di halaman rumah sakit yang disiapkan untuk merawat pasien terinfeksi virus corona (COVID-19) di Guarulhos, Sao Paulo, Brasil, Selasa (12/5/2020).

Brasil mencatatkan rekor baru kasus virus corona di dunia. Negara ini berada di peringkat kedua, kasus positif Covid-19 terbanyak di dunia, setelah Amerika Serikat dengan 1,8 juta kasus.

Pada Sabtu (30/5) kasus positif Covid-19 di negara tersebut bertambah 33.274 kasus, sehingga jumlah keseluruhannya menjadi 498.440 kasus. Angka ini membuat negara kiblat sepak bola dunia itu menyandang predikat sebagai salah satu kawasan terparah dilanda COVID-19. 

Jumlah kematian di Brasil akibat corona meningkat menjadi 28.834, dengan 956 kematian baru dalam 24 jam terakhir. Jumlah kematian akibat COVID-19 untuk kawasan Amerika Latin mencapai 50.105 dengan kasus sebanyak 976.425.

(Baca: Kasus Corona Meningkat, Ratusan Sekolah di Korsel Kembali Ditutup)

Selain Brasil yang menduduki peringat pertama sebagai penyumbang angka kematian dan kasus infeksi terparah, negara Amerika Latin lain yang sedang kewalahan menghadapi pandemi adalah Chile, Meksiko dan Peru.

Presiden Brasil Jair Bolsonaro menentang kebijakan isolasi kota yang diberlakukan oleh gubernur di beberapa negara bagian. Bolsonaro juga selalu menentang nasihat pakar kesehatan yang menganjurkan pembatasan wilayah. Akibat sikapnya yang antipembatasan ketat, Bolsonaro ditinggalkan dua menteri kesehatan yang akhirnya dipecatnya.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...