Biaya Bertambah saat New Normal, Peretail Jamin Harga Barang Tak Naik

Image title
2 Juni 2020, 17:08
Biaya Bertambah saat New Normal, Peretail Jamin Harga Barang Tak Naik
ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/aww.
Warga memilih pakaian yang dijual di pertokoan kawasan Malioboro, DI Yogyakarta, Kamis (21/5/2020). Pengusaha memastikan tak ada kenaikan harga jual barang meski pusat belanja menerapkan standar kesehatan ketat.

Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) memastikan akan menerapkan standar operasional prosedur (SOP) kesehatan ketika mal nanti diizinkan beroperasi di masa new normal. Kendati biaya operasional dalam penerapan protokol kesehatan bakal bertambah, pelaku usaha memastikan tidak ada kenaikan harga jual barang yang akan dibeli konsumen di gerai retail. 

Terlebih daya beli masyarakat yang masih melemah akibat pandemi corona. "Kami memastikan tidak ada kenaikan harga, mana mungkin kami menaikkan harga di saat daya beli sudah mulai turun. Malahan harga barang turun itu paling mungkin," kata Ketua Umum APPBI Stefanus kepada katadata.co.id, Selasa (2/6).

Dia  mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan seluruh protokol kesehatan sesuai dengan anjuran Kementerian Kesehatan. Seluruh karyawan mal yang bekerja nantinya juga akan dilengkapi alat pelindung wajah, sarung tangan dan masker.

(Baca: Jelang New Normal, 80 Mal di Jakarta Ajukan Surat Izin Beroperasi)

Selama masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di berbagai wilayah sebagian masyarakat membeli kebutuhan pokok pada pasar-pasar tradisional yang tidak memperhatikan protokol kesehatan.

Hal ini justru mengancam keselamatan diri dan memperbesar risiko penularan virus mematikan itu. Sedangkan, mal-mal yang telah menerapkan protokol kesehatan harus menghentikan kegiatan operasional.

Hal itu membuat pengusaha terpaksa merumahkan ribuan karyawannya. Dia menyatakan, setiap mal di DKI Jakarta setidaknya memperkerjakan karyawan sebanyak 2.000 orang. Untuk menyelamatka nasib karyawan, sebanyak 80 mal di ibu kota telah mengajukan surat izin membuka kembali usaha.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...