Era Gas Industri Satu Harga US$ 6, 11 Perjanjian Jual Beli Diteken

Image title
3 Juni 2020, 22:17
Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto. Untuk mengimplementasikan gas industri satu harga, SKK Migas lakukan penandatanganan 11 Letter of Agreement (LoA) antara penjual dan pembeli gas industri.
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto. Untuk mengimplementasikan gas industri satu harga, SKK Migas lakukan penandatanganan 11 Letter of Agreement (LoA) antara penjual dan pembeli gas industri.

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) meneken Letter of Agreement (LoA) untuk penerapan gas industri satu harga

Sebanyak 11 LoA ditandatangani oleh para penjual dan pembeli gas industri, dengan komitmen volume mencapai 231,18 billion british thermal unit per day (BBTUD). Acara penandatanganan LoA ini turut disaksikan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif.

Dengan penandatanganan ini, maka seluruh volume gas yang telah terkomitmen untuk mendukung pemberlakuan penyesuaian harga gas bumi sebesar 564,63 BBTUD. Sebanyak 333,45 BBTUD lainnya, telah dikomitmenkan melalui 14 LoA yang ditandatangani pada Rabu, (27/5) lalu.

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto mengatakan, kesepakatan ini merupakan tindak lanjut dari terbitnya regulasi yang mengatur penyesuaian harga gas untuk industri dan kelistrikan yakni Permen ESDM No.8/2020 dan Permen ESDM No.10/2020.

"Penandatanganan ini dilakukan dalam rangka memberikan kepastian hukum dan investasi terkait adanya penyesuaian harga gas pasca-terbitnya sejumlah aturan dari Kementerian ESDM," ujar Dwi dalam keterangan tertulis, Rabu (3/6).

Selain penandatanganan LoA yang berlangsung pada hari ini, SKK Migas juga melakukan penandatanganan perjanjian Side Letter of Production Sharing Contract (PSC) antara SKK Migas dengan sejumlah Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS).

"Dengan penandatanganan side letter of PSC dan LoA ini, kami berharap Kontraktor KKS tetap dapat meningkatkan investasinya di Indonesia serta menjaga target produksi gas nasional,” kata Dwi.

(Baca: Turunkan Harga Gas Industri, 14 Kontrak Jual Beli Diamandemen)

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...