Istana Presiden Mulai Terapkan Tatanan Normal Baru

Agustiyanti
5 Juni 2020, 06:25
protokol kesehatan, normal baru, new normal, pandemi corona
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/POOL/foc.
Ilustrasi. Adaptasi tatanan normal baru atau new normal, antara lain diterapkan dalam kegiatan-kegiatan Presiden di Istana.

Istana Kepresidenan mulai menerapkan tatanan normal baru menghadapi pandemi virus corona. Sejumlah aspek mulai dari kegiatan harian hingga acara kenegaraan yang diselenggarakan di Istana disesuaikan dengan merujuk pada protokol kesehatan yang ketat.

“Kami untuk kesiapan Istana adalah semua, jadi mulai dari Bogor, Jakarta, Tampaksiring, Yogya, itu semua diperlakukan," ujar Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (4/6).

Heru mengatakan, salah satu fasilitas yang akan menerapkan tatanan normal baru di Kompleks Istana Kepresidenan adalah Masjid Baiturrahim. Nantinya, masjid tersebut hanya akan menampung 20% dari kapasitas maksimal.

Masjid Baiturrahim dapat menampung 750 jemaah. Namun ketika penerapan tatanan normal baru, Masjid Baiturrahim hanya akan menampung sekitar 150 jemaah.

(Baca: Masjid hingga Mal Jakarta Buka Saat PSBB Transisi, Ini Protokolnya)

Selain itu, sabun dan disinfektan ditempatkan di beberapa titik, seperti tempat wudhu dan saat memasuki masjid. “Saya rasa dengan kita sudah menggunakan konsep-konsep new normal ini, kita bisa beribadah dengan nyaman," kata Heru.

Adaptasi kebiasaan baru juga diterapkan dalam kegiatan-kegiatan Presiden di Istana. Untuk acara pelantikan misalnya, pejabat yang hadir dibatasi antara 5-7 orang.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...