Pengusaha Sebut Pelonggaran PSBB Angin Segar untuk Perekonomian

Rizky Alika
4 Juni 2020, 21:59
Sambut Pelonggaran PSBB, Pengusaha: Angin Segar untuk Perekonomian.
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/nz
Petugas melakukan penyemprotan disinfektan di Blok A Pasar Tanah Abang, Jakarta, Kamis (4/6/2020). Pengusha menyambut baik pelonggaran PSBB bagi sektor usaha di Jakarta.

Pemerintah provinsi DKI Jakarta memutuskan untuk memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) disertai pelonggaran di sejumlah sektor usaha. Pengusaha merespons positif kebijakan Gubernur Anies Baswedan lantaran dianggap berdampak baik bagi pelaku usaha maupun pekerja.

"Ini merupakan angin segar karena roda ekonomi mulai berputar secara perlahan dan pekerja yang dirumahkan bisa aktif kembali," kata Ketua Umum DPD Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (Hippi) DKI Jakarta Sarman Simanjorang kepada katadata, Kamis (4/6).

Dengan adanya kebijakan ini, berbagai sektor usaha bisa kembali beroperasi dengan mengacu pada protokol kesehatan.

(Baca: Masjid hingga Mal Jakarta Buka Saat PSBB Transisi, Ini Protokolnya)

Perkantoran, industri, UMKM rumah makan, dan pertokoan yang bukan merupakan bagian dari mal dapat beroperasi kembali dengan sistem tanggal ganjil-genap  per 8 Juni 2020. Sedangkan, mal dan pusat perdagangan non pangan akan kembali buka pada 15 Juni 2020.

Dia mengatakan, para pengelola mal dapat memanfaatkan jeda waktu untuk mempersiapkan sarana dan prasarana protokol kesehatan. Pengusaha juga bisa melakukan konsolidasi internal dengan mulai menyiapkan jam kerja bagi karyawan.

Adanya kebijakan ini diharapkan kembali menggeliatkan aktivitas  perekonomian di Jakarta dan sekitarnya. "Sebagai kota jasa, sektor perdagangan menjadi salah satu penyumbang pertumbuhan perekonomian di DKI Jakarta," ujar dia.

Dia pun optimistis para pelaku usaha dunia usaha siap mematuhi kebijakan pemerintah.  "Kita secara bersama memastikan penularan Covid-19 ini sampai dengan ke angka nol sehingga kita dapat menuju ke normal yang seperti biasa," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...