Pandemi Corona Bisa Jadi Kesempatan Investor Suntikkan Dana ke Startup

Cindy Mutia Annur
13 Juni 2020, 10:02
investasi, startup, pandemi corona, virus corona, covid-19, krisis ekonomi
123rf
Ilustrasi, teknologi digital. Investor bisa memanfaatkan pandemi corona untuk menyuntikkan dana ke startup yang bisa bertahan saat krisis.

Pandemi corona menjadi tantangan tersendiri bagi para pendiri startup. Pasalnya, perusahaan rintisan belum pernah melewati krisis ekonomi seperti yang terjadi pada 2008 dan 2018.

Salah satu tantangannya yaitu mendapatkan dana  segar di tengah krisis. Presiden Komisaris SEA Group Pandu Sjahrir mengatakan investor memang hati-hati untuk menyuntikan dana ke startup saat pandemi. Pasalnya, modal pasokan (supply capital) atau modal (capital) yang diberikan ke startup juga bakal menjadi lebih sedikit.

"Tetapi apakah orang (investor) berpikir untuk berhenti investasi? Saya rasa tidak. Seperti kami, sudah berinvestasi di empat perusahaan selama 15 minggu terakhir meskipun menggunakan platfrom seperti Zoom. Itu situasi khusus," ujar Pandu dalam Bicara Data Virtual Series: Episode Baru Bisnis Startup Akibat Covid-19, Jumat (12/6). 

Meski demikian, ia justru menilai bahwa para investor seharusnya memanfaatkan momentum pandemi. Dengan adanya krisis, investor bisa melihat reaksi, pemikiran, dan pekerjaan para pendiri startup . 

Pandu pun menilai bahwa krisis ekonomi yang berlangsung tanpa kepastian waktu ini juga bisa dimanfaatkan investor untuk mengelola dan mengakses risiko berinvestasi dan imbalannya (risk reward). Di sisi lain, para investor tetap perlu mengelola arus kas dengan baik. 

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...