Investor Ambil Untung dari Saham Perbankan, IHSG Cuma Naik Tipis 0,03%

Happy Fajrian
17 Juni 2020, 17:50
ihsg hari ini, ihsg, saham perbankan, profit taking investor
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/hp.
IHSG Rabu (17/6) naik tipis 0,03% ke level 4.987,78 setelah sepanjang hari bergerak seperti layaknya roller coaster. Investor terpantau melakukan aksi profit taking pada saham-saham perbankan.

Indeks harga saham gabungan atau IHSG mengakhiri perdagangan Rabu (17/6) naik tipis 0,03% ke level 4.987,78 setelah sepanjang hari ini bergerak layaknya roller coaster. Seluruh indeks sektoral naik, kecuali sektor keuangan dan industri dasar.

Menurut data RTI Infokom, indeks sektor keuangan hari ini turun 0,64%, sedangkan sektor industri dasar turun tipis 0,05%. Sedangkan sektor penopang laju IHSG yakni pertanian yang naik 1,76%, tambang 0,43%, serta infrastruktur 0,76%.

Analis Indopremier Sekuritas, Mino, mengatakan bahwa koreksi indeks sektor keuangan dipicu oleh aksi ambil untung atau profit taking investor pada saham-saham perbankan.

“Hari ini sentimen positif IHSG dari kenaikan harga komoditas terutama CPO, sedangkan katalis negatifnya aksi profit taking di saham perbankan,” ujarnya seperti dikutip Antara sore ini.

(Baca: Fluktuatif Sejak Dibuka, IHSG Sesi I Ditutup Naik Tipis 0,02%)

Adapun saham-saham bank besar mencatatkan koreksi, dan beberapa di antaranya masuk ke dalam daftar saham top losers hari ini. Seperti saham PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) yang anjlok 2,49% ke Rp 4.900 per saham serta PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) yang turun 1,3% ke Rp 4.550.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...