Caplok Jiwasraya Putra, Taspen Akan Bermitra dengan BTN

Image title
19 Juni 2020, 21:45
asuransi jiwasraya, taspen, jiwasraya putra,
Adi Maulana Ibrahim | KATADATA
Taspen bakal mengakuisisi 70% saham anak usaha Asuransi Jiwasraya, yakni Asuransi Jiwasraya Putra. Taspen akan bermitra dengan BTN yang akan mengambil 30% saham Jiwasraya Putra.

PT Taspen (Persero), melalui anak usahanya yaitu PT Asuransi Jiwa Taspen (Taspen Life) bakal mengakuisisi saham PT Asuransi Jiwasraya Putra yang merupakan anak usaha PT Asuransi Jiwasraya (Persero).

Direktur Utama Taspen Antonius Steve Kosasih menjelaskan bahwa nantinya Taspen Life bakal menjadi pemegang saham mayoritas Jiwasraya Putra, yaitu sebesar 70%. Sementara sisanya 30% dipegang oleh PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN).

Dia menegaskan bahwa aksi korporasi ini murni berdasarkan pertimbangan bisnis, bukan semata-mata untuk menyelamatkan Jiwasraya yang masih belum membayarkan polis jatuh temponya.

"Ini bukan aksi korporasi yang terkait penyelamatan apapun, karena Jiwasraya Putra adalah perusahaan clean and clear," kata Steve kepada Katadata.co.id, Jumat (19/6).

(Baca: Taspen Life Teken Akusisi Saham Jiwasraya Putra Pekan Depan)

Dia mengatakan bahwa Jiwasraya Putra tidak memiliki utang buruk (bad debt), malah sama sekali tidak memiliki utang. Selain itu, Jiwasraya Putra juga memiliki arus kas (cash flow) yang sehat dan memiliki kerjasama Asuransi Jiwa Kredit untuk kredit pemilikan rumah (KPR) dan kredit pemilikan apartemen (KPA).

"Termasuk KPR/KPA bersubdidi dan bancassurance dengan Bank BTN," kata Steve menjelaskan alasan Taspen tertarik untuk mengakuisisi mayoritas saham Jiwasraya Putra.

Selain itu, dia memastikan bahwa ke depan bakal ada kolaborasi Taspen dengan BTN karena sama-sama memiliki Jiwasraya Putra. Kolaborasinya bisa melalui cross selling banyak produk yang bermanfaat bagi masyarakat.

Steve pun mengatakan bahwa seluruh pembelian ini menggunakan dana kelolaan investasi yang dimiliki Taspen. Meski belum mau menyebutkan nilainya, namun pembelian ini merupakan sebagian kecil dari total portofolio Taspen yang besarnya lebih dari Rp 250 triliun.

(Baca: Kementerian BUMN Umumkan Investor Baru Jiwasraya Putra Pekan Depan)

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...