Nasabah JS Saving Plan Jiwasraya Tagih Lagi Pembayaran Polisnya

Image title
15 Mei 2020, 13:04
js saving plan, asuransi jiwasraya, pembayaran polis jiwasraya
jiwasraya.co.id
Nasabah produk JS Saving Plan Jiwasraya kembali menagih pelunasan polisnya yang mencapai Rp 16,3 triliun.

Nasabah JS Saving Plan milik PT Asuransi Jiwasraya (Persero), kembali menagih pemerintah soal pembayaran polis yang hingga kini belum terealisasi. Nasabah ingin pemerintah menyuntikkan modal kepada Jiwasraya untuk membayarkan polis.

Salah satu nasabah dari produk berjenis bancassurance tersebut, Machril, mengatakan bahwa saat ini dia hanya bisa menunggu kejelasan soal skema pembayaran yang dijanjikan keluar pada April 2020 lalu. "Ternyata belum ada sampai sekarang," katanya, Kamis (14/5) malam.

Advertisement

Machril sangat berharap, Pemerintah mau menyuntikkan modal tambahan kepada Jiwasraya untuk membayarkan polis 17 ribu nasabah yang totalnya sekitar Rp 16,3 triliun. Salah satunya melalui Penyertaan Modal Negara (PMN) yang diberikan kepada PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Bahana).

(Baca: Kejaksaan Periksa Pejabat OJK untuk Dalami Bukti Kasus Jiwasraya)

Seperti diketahui, BPUI resmi menjadi induk usaha (holding) BUMN bidang asuransi pada akhir Maret 2020 lalu. Rencananya, BPUI mendapatkan PMN senilai Rp 6,27 triliun sebagai dukungan tambahan pada program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) untuk memperkuat penjaminan kredit UMKM oleh Jamkrindo dan Askrindo.

Namun Machril menilai bahwa peruntukan PMN kepada BPUI itu seharusnya lebih diperjelas lagi, apakah bisa juga untuk menyuntikkan pemulihan Jiwasraya. "Kami menunggu kepastian itu, karena kami juga sedang megap-megap tidak ada pemasukan di tengah Covid-19," katanya.

Nasabah JS Saving Plan lainnya, Donny Aprisandi, juga menyatakan tidak tahu kapan ada kejelasan dari pemerintah soal pembayaran polisnya. Pasalnya, pada 31 Maret 2020 lalu, Jiwasraya mulai membayarkan klaim senilai Rp 470 miliar, namun kepada nasabah tradisional, bukan untuk nasabah produk investasi.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement