Intelijen India Ingin Blokir 52 Aplikasi Tiongkok, Termasuk Tiktok

Fahmi Ahmad Burhan
19 Juni 2020, 11:09
aplikasi, tiongkok, wechat, tiktok
123RF.com/Opturadesign
Ilustrasi, aplikasi video musik TikTok. Badan Intelijen India berencana memblokir 52 aplikasi asal Tiongkok termasuk TikTok.

Badan Intelijen India meminta pemerintahnya untuk memblokir 52 aplikasi asal Tiongkok setelah terjadi konflik di wilayah perbatasan kedua negara. Diantara daftar aplikasi yang ingin diblokir yaitu TikTok dan WeChat.

Dikutip dari media lokal India Hindustan Times, intelijen khawatir bahwa aplikasi tersebut dapat digunakan Tiongkok untuk mengekstrak data dalam jumlah besar dari penggunanya di India. Hal itu dianggap mengganggu keamanan India.

Advertisement

Seorang pejabat senior pemerintah mengatakan rekomendasi dari badan intelijen itu juga didukung oleh Sekretariat Dewan Keamanan Nasional India. "Diskusi mengenai rekomendasi terus berlanjut," kata seorang pejabat dikutip dari Hindustan Times pada Kamis (18/6). 

Badan Intelelijen menyodorkan daftar 52 aplikasi itu pada pemerintah. Beberapa aplikasi yang masuk dalam daftar seperti TikTok, WeChat, SHAREit, Bigo Live, Club Factory, Shein, dan Helo.

(Baca: Lampaui YouTube, TikTok Jadi Aplikasi Non-Game Terlaris di Dunia)

(Baca: Pengguna Tiktok Naik 20% Selama Pandemi, Terbanyak Konten Edukasi )

Meski begitu, keputusan pemblokiran dianggap rumit. Pasalnya, beberapa aplikasi sangat populer di India dan memberi dampak pada industri digital di India. Seperti TikTok yang banyak digunakan oleh masyarakat India. Bahkan, India merupakan salah satu pasar terbesar TikTok.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement