BSSN Bantah Adanya Dugaan Pembobolan Data Penanganan Covid-19

Dimas Jarot Bayu
21 Juni 2020, 12:48
Ilustrasi, data digital. Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) membantah adanya upaya pembobolan data terkait penanganan Covid-19.
Olah foto digital dari 123rf
Ilustrasi, data digital. Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) membantah adanya upaya pembobolan data terkait penanganan Covid-19.

Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) membantah adanya dugaan pembobolan data terkait penanganan virus corona atau Covid-19. Hal itu diketahui setelah BSSN berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

"Tidak ada akses tidak sah yang berakibat kebocoran data pada sistem elektronik, dan aset informasi aktif penanganan pandemi Covid-19," kata juru bicara BSSN Anton Setiyawan dalam keterangan tertulisnya, Minggu (21/6).

Advertisement

Menurut Anton, BSSN telah dan akan terus mengambil langkah-langkah pengamanan sistem elektronik terkait penanganan corona. Selain itu, pihaknya akan meningkatkan kolaborasi aktif dengan semua unsur dari pemerintah pusat, hingga pemerintah daerah dalam pengamanan data tersebut.

BSSN juga mengajak semua unsur yang terlibat dalam penanganan pandemi corona untuk menerapkan standar manajemen pengamanan informasi, serta membangun budaya keamanan siber dalam pengelolaan elektroniknya.

Lebih lanjut, ia mengimbau seluruh pihak untuk berpartisipasi aktif dalam penanganan corona dan meminta tak ada pihak yang memanfaatkan situasi ini demi kepentingan pribadi atau kelompok.

(Baca: Cara dan Trik Hacker Meretas Data selama Pandemi Corona)

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement