Apple Luncurkan iOS 14 Hari Ini, Fiturnya Dikabarkan Mirip Android

Fahmi Ahmad Burhan
23 Juni 2020, 11:25
Apple Luncurkan iOS 14 Hari Ini, Fiturnya Dikabarkan Mirip Android
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi iPhone

Perusahaan asal Amerika Serikat (AS) Apple meluncurkan sistem operasi (operating system/OS) versi terbaru untuk ponsel atau iPhone, iOS 14. OS terbaru ini menghadirkan beragam fitur anyar, yang disebut-sebut mirip dengan Android.

Salah satunya, widget yang memuat lebih banyak data. Pengguna juga lebih bebas menempatkan widget di layar ponsel, seperti Android.

Lalu, aplikasi-aplikasi bisa ditata dalam satu folder. Fitur ini mirip dengan App Library pada Android.

Kemudian ada fitur Picture in Picture, yang memungkinkan pengguna membuka video sekaligus aplikasi lainnya. “Fungsi ini seperti di Android,” demikian dikutip dari GSM Arena, Selasa (23/6).

Asisten pribadi, Siri juga diklaim 20 kali lebih cepat merespons dibanding tiga tahun lalu, dengan iOS 14. Lalu, fitur terjemahan dilengkapi dengan percakapan langsung, sehingga bisa membantu pengguna saat bepergian ke negara lain.

(Baca: Peluang Apple Garap Bisnis Kesehatan Kian Terbuka Berkat Virus Corona)

Apple Messages juga disebut-sebut bisa menangani 40% lebih banyak pesan dibanding tahun lalu. Bahkan, pengguna bisa menyematkan nomor kontak pada bagian atas daftar percakapan.

Lalu, Apple Maps yang memuat informasi tentang jalur sepeda. Selain itu, dilengkapi dengan informasi ketinggian dan pilihan ‘menghindari tangga’ di New York, LA, San Francisco, Beijing dan Shanghai.

Routing EV juga memungkinkan pengguna menemukan restoran, atraksi populer, dan menjelajahi rekomendasi terkait merek produk.

Lalu, ada CarPlay yang memungkinkan Anda membuka pintu mobil BMW seri 5 terbaru dengan iPhone. Sebab, iOS 14 dilengkapi dengan Near-field communication (NFC). Hanya dengan meletakan ponsel di pengisi daya di dalam mobil, lalu tekan start atau stop, maka Anda bisa menjalankan mobil.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...