Harga Minyak Naik Seiring Pembatasan Pasokan dan Pelonggaran Lockdown

Image title
23 Juni 2020, 09:23
harga minyak, pemangkasan produksi, pembukaan lockdown
ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid
Ilustrasi kilang minyak. Harga minyak mentah dunia terus beranjak naik seiring kepatuhan yang meningkat negara OPEC+ terhadap kesepakatan pemangkasan produksi dan pembukaan lockdown.

Harga minyak dunia naik hingga lebih dari 2% pada perdagangan Senin (22/6) di tengah ketatnya pasokan dari produsen utama dan pelonggaran kebijakan karantina wilayah atau lockdown di berbagai negara.

Mengutip data Bloomberg, harga minyak pagi ini melanjutkan kenaikannya, terutama pada minyak jenis West Texas Intermediate (WTI) untuk kontrak pengiriman Agustus 2020 sebesar 1,79% menjadi US$ 40,46 per barel. Sedangkan minyak jenis Brent untuk pengiriman yang sama turun 1,49% ke US$ 42,44 per barel.

"Pembukaan lockdown di AS dan negara-negara di seluruh dunia turut membantu mendongkrak harga minyak," kata Gene McGillian, wakil presiden riset pasar di Tradition Energy, seperti dikutip Reuter, Selasa (23/6).

McGillan menambahkan bahwa hal ini terjadi di tengah kekhawatiran peningkatan penyebaran Covid-19, namun sepertinya pasar menunjukkan optimisme bahwa keadaan akan kembali normal.

(Baca: Gelombang Kedua Corona Ancam Permintaan, Harga Minyak Naik Tipis)

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...