Ini Alasan Google Berinvestasi Pusat Data di Indonesia

Fahmi Ahmad Burhan
24 Juni 2020, 15:32
Ilustrasi, logo Google. Keberadaan empat unicorn dan satu decacorn menjadi alasan Google berinvestasi membangun pusat data atau Google Cloud di Indonesia.
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi, logo Google. Keberadaan empat unicorn dan satu decacorn menjadi alasan Google berinvestasi membangun pusat data atau Google Cloud di Indonesia.

Raksasa teknologi asal Amerika Serikat, Google meluncurkan pusat data alias Google Cloud region ke-24 di Jakarta hari ini (24/6). Google mengatakan, perkembangan unicorn yang pesat, menjadi salah satu alasan perusahaan memilih berinvestasi pusat data di Indonesia.

Country Director Google Cloud Indonesia Megawaty Khie mengatakan, Indonesia merupakan pasar strategis untuk Google Cloud. Secara global, Indonesia merupakan region ke-24 bagi Google Cloud.

Advertisement

"Keberadaan unicorn artinya banyak pelanggan yang dilayani. Selain itu, kami juga hadir untuk membantu percepatan Indonesia 4.0 dengan berinvestasi infrastruktur dan menggandeng mitra lokal," kata Mega, dalam video conference, Rabu (24/6).

Sebagai informasi, unicorn merupakan sebutan bagi perusahaan rintisan atau startup dengan valuasi lebih dari US$ 1 miliar. Indonesia tercatat mempunyai empat startup yang berstatus unicorn, yakni Tokopedia, Traveloka, Bukalapak, dan OVO.

Tidak hanya unicorn, Indonesia juga mempunyai satu decacorn atau startup yang memiliki valuasi lebih dari US$ 10 miliar, yakni Gojek.

Ia menyebut, keberadaan Google Cloud memungkinkan perusahaan besar, termasuk unicorn, hingga usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) berinovasi. Transformasi digital juga dimungkinkan untuik diraih dengan Google Cloud.

(Baca: Potensinya Besar, Google Luncurkan Pusat Data di Jakarta Hari Ini)

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement