Menuai Banyak Protes, PLN Perbarui Aplikasi untuk Tingkatkan Layanan

Image title
24 Juni 2020, 18:59
PLN, listrik, aplikasi
PLN
Aplasikasi New PLN Mobile. PLN mengembangkan aplikasi untuk meningkatkan pelayanan listrik pelanggan.

PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN menyiapkan aplikasi bertajuk "New PLN Mobile". Aplikasi tersebut bakal dilengkapi dengan fitur baru yang memudahkan pelanggan mendapatkan layanan listrik.

Aplikasi tersebut tengah diujicoba secara internal oleh seluruh pegawai PLN. Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini mengatakan pengujian internal dilaksanakan karena pihaknya ingin memastikan semua fitur dalam aplikasi berjalan baik dan tanpa gangguan.

Pasalnya, perusahaan ini memberikan pengalaman terbaik dalam mengunakan aplikasi perusahaan. "Kami ingin pelanggan memiliki pengalaman baru tentang kemudahan mendapatkan layanan listrik, menyampaikan keluhan, termasuk membayar tagihan bulanan,”kata Zulkifli dalam siaran pers pada Rabu (24/6).

Selain itu, pelanggan bisa membeli token listrik, pasang sambungan baru, hingga tambah daya melalui aplikasi. Pelanggan juga bisa mendapatkan notifikasi bila ada pemutusan jaringan listrik karena pemeliharaan.

"Kami menggunakan teknologi geospatial untuk layanan itu, sehingga posisi setiap pelanggan dapat diketahui, dan informasi apa yang paling mereka butuhkan dapat dikelola secara akurat,”ujarnya.

(Baca: PLN Terima 110 Ribu Pengaduan Terkait Tagihan Listrik yang Melonjak)

PLN juga membuka pengaduan gangguan melalui aplikasi tersebut. Nantinya, seluruh informasi penyelesaian pengaduan pelanggan dapat diketahui dalam aplikasi, termasuk posisi petugas PLN yang akan melayani dan berapa lama petugas datang ke rumah pelanggan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...