Harga Bawang Putih hingga Emas Turun, BI Ramal Juni Deflasi 0,01%

Agatha Olivia Victoria
26 Juni 2020, 15:21
BI, inflasi, harga komoditas, inflasi juni, deflasi, daya beli lesu
antara foto/ADITYA PRADANA PUTRA
Ilustrasi. Prediksi deflasi pada Juni antara lain disebabkan oleh penurunan harga emas.

Bank Indonesia memperkirakan indeks harga konsumen pada Juni mengalami penurunan atau deflasi. Hal ini akibat harga sejumlah komoditas yang turun, antara lain bawang putih dan emas. 

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko mengatakan perkiraan tersebut berdasarkan Survei Pemantauan Harga pada minggu keempat Juni. "Inflasi Juni diperkirakan minus 0,01%, lebih rendah dari bulan sebelumnya," tulis Onny dalam keterangan resminya, Jakarta (26/6).

Advertisement

Dengan perkembangan tersebut, perkiraan inflasi bulan ini secara tahun kalender sebesar 0,9%. Sementara secara tahunan sebesar 1,76%.

Adapun penyumbang utama deflasi pada periode laporan antara lain berasal dari komoditas bawang putih yang menyumbang deflasi 0,04%, cabai merah, jeruk dan tarif angkutan udara masing-masing 0,03%, cabai rawit, gula pasir dan emas perhiasan masing-masing sebesar 0,02%, serta minyak goreng sebesar 0,01%.

(Baca: Modal Asing Kabur Akibat Corona, Net Kewajiban Investasi RI Turun)

 Sementara itu masih ada beberapa komoditas utama yang menyumbang inflasi. Di anatranya yakni daging ayam ras sebesar 0,13%, telur ayam ras sebesar 0,05%, dan tomat sebesar 0,01%.

Onny menekankan, pihaknya akan terus memperkuat koordinasi dengan pemerintah dan otoritas terkait untuk memonitor secara cermat dinamika penyebaran Covid-19 dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia dari waktu ke waktu.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement