Google Beri 2 Tips Cegah Data Dicuri Aplikasi Ilegal & Mata-mata

Cindy Mutia Annur
30 Juni 2020, 15:34
Google Beri 2 Tips Cegah Data Dicuri Aplikasi Ilegal & Mata-mata
ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY
Ilustrasi, seorang pria membuka laman Google dari gawainya di Jakarta, Jumat (12/4/2019).

Beberapa aplikasi seperti pinjaman online ilegal maupun yang menjadi alat mata-mata lolos dan beredar di toko aplikasi. Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat (AS) Google pun membagikan dua tips untuk menghindari pencurian data oleh pengembang aplikasi-aplikasi berbahaya tersebut.

Pertama, memanfaatkan fitur-fitur keamanan. Yang teranyar, Google meluncurkan fitur hapus histori penelusuran secara otomatis dalam 18 bulan.

Lalu, pengguna dapat mengontrol akun dengan fitur Pemeriksaan Privasi Google (Privacy Checkup), yang memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan preferensi saat menelusuri internet. Selain itu, ada fitur mode samaran (Incognito) sehingga tidak bisa dilacak riwayat penelusurannya.

(Baca: Google Rilis Fitur untuk Hindari Penipuan Lewat Telepon

"Yang paling penting dan lebih jauh lagi, kami secara proaktif berupaya untuk memberi tahu pengguna jika ada atau potensi masalah pada akun mereka," ujar Product Manager, Privacy Products, and Services Google Greg Fair saat konferensi pers secara virtual, Selasa (30/6).

Kedua, meninjau kembali dan memastikan akun mereka aman melalui beberapa fitur dan kebijakan baru Google. "Luangkan waktu untuk melihat keamanan akun dan pastikan Anda memiliki pengaturan yang tepat," ujar dia.

Greg mengklaim, fitur Safe Browsing melindungi lebih dari empat miliar perangkat dari ancaman phishing dan malware setiap hari. Selain itu, Google Play Protect memiliki fitur untuk memindai aplikasi pengguna selama, sebelum, dan setelah pengunduhan.

(Baca: Digugat soal Privasi, Google Hapus Otomatis Riwayat Pencarian Pengguna)

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...