Lifting Migas Anjlok, SKK Migas Tetap Targetkan 1 Juta Barel Minyak

Image title
1 Juli 2020, 19:46
skk migas, lifting migas, 1 juta barel
Arief Kamaludin | Katadata
Ilustrasi, logo Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi. SKK Migas berupaya mengejar target 1 juta barel minyak pada 2030 meski lifting minyak terus anjlok.

Pemerintah mencanangkan target 1 juta barel minyak pada 2030. Padahal, lifting minyak dalam beberapa tahun terakhir terus turun.

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi atau SKK Migas masih optimistis target 1 juta barel minyak bisa tercapai pada 2030. Biarpun tak ada penemuan cadangan minyak baru dan lifting  minyak terus melorot.

"Belum ada temuan lapangan minyak yang cukup besar, tetapi lapangan gas  juga akan menghasilkan kondensat," ujar Deputi Operasi SKK Migas Julius Wiratno kepada Katadata.co.id, Rabu (1/7).

Pihaknya pun bakal mendongkrak produksi minyak dengan berbagai cara. Salah satunya dengan menggunakan teknologi Enhanced Oil Recovery (EOR).

Menurut Julius, pihaknya akan terus mendorong agar Pertamina serta Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) tetap mengerjakan proyek EOR di lapangan migas masing-masing.

"Jalan terus dengan Pertamina EP yang di lapangan Tanjung, dan sedang studi untuk lapangan-lapangan lainnya baik yang di Pertamina EP atau KKKS lainnya," katanya.

(Baca: Ada Restrukturisasi, Proyek EOR Pertamina Jadi Tak Pasti)

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...