IHSG Diramal Naik Ditopang Optimisme Uji Coba Vaksin

Image title
3 Juli 2020, 07:09
IHSG Diramal Naik Ditopang Optimisme Uji Coba Vaksin .
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc.
Layar berisi informasi pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (22/4/2020). Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi kembali menguat pada perdagangan akhir pekan, Jumat (3/7).

Indeks harga saham gabungan (IHSG) diprediksi menguat pada perdagangan akhir pekan, Jumat (4/7). Indeks diperkirakan kembali bergerak ke zona positif melanjutkan perdagangan kemarin dipicu optimisme pasar akan pengujian vaksin virus corona dan pemulihan ekonomi.

Analis Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper Jordan mengatakan, IHSG berpotensi kembali melanjutkan penguatan dengan resistance di level 5.000 dan 4.983. Sementara, area support di area 4.931 dan 4.896.

Advertisement

Secara teknikal, IHSG masih bergerak dalam tren penguatan jangka pendek dan berpotensi menguji resistance di level 5.000.

"Pergerakan IHSG  akan didorong oleh optimisme pemulihan ekonomi dan perkembangan akan vaksin Covid-19. Investor juga masih akan mencermati beberapa data perekonomian," katanya.

(Baca: Mengawali Semester II, IHSG Hari Ini Ditutup Naik 0,18%)

Sebelumnya, kandidat vaksin corona yang dikembangkan oleh kerja sama perusahaan farmasi AS dan Jerman yakni Pfizer & BioNTech SE menunjukkan hasil yang positif.

Mengutip Bloomberg, kedua vaksin itu dikabarkan mampu menghasilkan antibodi yang dapat menetralkan virus. Kepala Eksekutif BioNTech Ugur Sahin mengatakan, perusahaan tengah menyiapkan uji coba kandidat vaksin dengan skala yang lebih besar. Rencananya, pengujian dilakukan pada akhir Juli.

Kedua perusahaan akan langsung memproduksi vaksin, jika hasil uji cobanya kembali positif dan mendapat izin pemasaran. Pfizer Inc dan BioNtech SE pun berencana memproduksi 100 juta dosis sepanjang tahun ini.

Selain itu, rilis data ekonomi dan bursa tenaga kerja Amerika Serikat (AS) mulai membaik pada Juni seiring pembukaan bisnis dan pemberian stimulus pasar serta bangkitnya aktivitas ekonomi di Tiongkok turut memberi sentimen positif  ke pasar.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement