Terobosan Nadiem, Guru Penggerak yang Seperti Pasukan Elite Kopassus

Dimas Jarot Bayu
3 Juli 2020, 18:21
Rilis Guru Penggerak, Nadiem: Kita Sedang Bangun Kopassus-nya Guru.
ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas
Suasana kegiatan belajar mengajar siswa dan guru di Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) Muhajirin, Lebak, Banten, Kamis (13/2/2020). Mendikbud Nadiem Makarim meluncurkan program Guru Penggerak yang diharapkan bisa mendorong transformasi pendidikan di Indonesia.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim resmi meluncurkan program Merdeka Belajar V bertajuk Guru Penggerak pada Jumat (3/7). Guru Penggerak merupakan program pelatihan, identifikasi, pembibitan yang diperuntukan bagi para calon pemimpin pendidikan di masa depan.

Menurut Nadiem, Guru Penggerak akan melatih para guru menjadi calon kepala sekolah, pengawas sekolah, hingga pelatih para guru. Dengan demikian, Nadiem mengharapkan terjadi transformasi budaya pembelajaran di sekolah melalui program tersebut.

"Kita sedang bangun elite forces, bisa dibilang Kopassus-nya guru-guru kita di seluruh Indonesia," kata Nadiem dalam konferensi virtual, Jumat (3/7).

(Baca: Mendikbud Targetkan 405 Ribu Guru Penggerak hingga 2024)

Dia mengatakan, Guru Penggerak ini akan berbeda dengan guru-guru yang ada pada umumnya. Guru Penggerak diharapkan memiliki kemampuan untuk memimpin, berinovasi, dan melakukan perubahan.

Guru Penggerak juga dituntut mampu mendorong tumbuh kembang murid secara holistik mengikuti profil pelajar Pancasila. Guru Penggerak pun diharapkan dapat akan menjadi pelatih bagi guru-guru lain di dalam maupun di luar sekolah.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...