Tiga Calon Deputi BI Pilihan Jokowi Jalani Fit and Proper Test di DPR

Agatha Olivia Victoria
7 Juli 2020, 13:10
Jokowi, calon deputi gubernur, deputi gubernur BI, Bank Indonesia
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/foc.
Calon Deputi Gubernur Bank Indonesia Yuda Agung (kiri) menjawab pertanyaan saat berlangsungnya uji kelayakan dan kepatutan oleh Komisi XI DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (7/7).

Dewan Perwakilan Rakyat mulai menggelar uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test kepada tiga calon Deputi Gubernur Bank Indonesia. Ketiga calon tersebut diajukan Presiden Joko Widodo sebagai pengganti Erwin Rijanto yang habis masa jabatannya pada Juni 2020.

Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko mengatakan ketiga nama tersebut yakni Juda Agung, Aida Budiman, dan Doni Joewono. "Ketiganya akan melaksanakan rangkaian fit and proper test pada hari ini dan besok," tulis Onny dalam keterangan resminya, Jakarta, Selasa (7/7).

Advertisement

Saat ini, Juda Agung menjabat sebagai Asisten Gubernur Kepala Departemen Kebijakan Makroprudensial BI. Juda lahir di Pontianak pada tahun 1964. Ia menempuh Pendidikan Teknologi Industri Pertanian di Institut Pertanian Bogor dan University of Birmingham.

Karier Juda di Bank Sentral di mulai pada 1991 sebagai Staf Urusan Ekonomi dan Statistik. Juda memiliki banyak pengalaman di bidang riset ekonomi dan kebijakan moneter.

Sebelum ada di posisi sekarang, Juda sempat menjabat sebagai Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Jawa Barat. Ia juga telah berpengalaman menjadi Executive Director SEAVG-IMF di Washington.

 (Baca: Pemerintah Terbitkan Utang Global, Cadangan Devisa Juni Naik US$ 1,2 M)

Calon lainnya, Aida Budiman kini menjabat sebagai Asisten Gubernur Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter. Lahir di Bogor pada tahun 1965, ia menempuh pendidikan Sosial Ekonomi Pertanian Agribisnis di Institut Pertanian Bogor 18 tahun kemudian.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement