Kejar Target Partisipasi Pilkada 2020, KPU Diminta Rajin Sosialisasi

Dimas Jarot Bayu
10 Juli 2020, 20:14
pilkada 2020, virus corona, KPU
ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/pras.
Protokol kesehatan di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat, di Padang, Jumat (10/7/2020). Pengamat meminta KPU rajin sosialisasi ke masyarakat agar target partisipasi pemilih Pilkada 2020 tercapai.

Pandemi virus corona diprediksi akan berdampak pada berkurangnya partisipasi pemilih dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Namun pengamat memberikan saran kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) apabila ingin jumlah keikutsertaan masyarakat sesuai target yang ditetapkan yakni 77,5%.

Koordinator Nasional Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) Alwan Ola Riantoby menyarankan KPU gencar mengedukasi masyarakat. Sosialisasi tak hanya terkait dengan tahapan Pilkada 2020, namun juga mengenai penerapan protokol kesehatan.

Kemudian,KPU harus meyakinkan masyarakat bahwa Pilkada 2020 akan berjalan dengan aman meski di tengah pandemi corona. Alhasil, warga akan berani untuk terlibat dalam pesta demokrasi pada tahun ini.

“Penting berikan kenyamanan bagi masyarakat pemilih. Covid-19 ini bisa diantisipasi ketika semua jaga jarak dan gunakan protokol kesehatan,” kata Alwan dalam sebuah diskusi virtual, Jumat (10/7).

(Baca: Partisipasi Pemilih Rendah Bayangi Pilkada 2020 di Tengah Corona)

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...