Partisipasi Pemilih Rendah Bayangi Pilkada 2020 di Tengah Corona

Image title
6 Juli 2020, 16:46
Ilustrasi. Pengamat politik dan parpol prediksi tingkat partisipasi pemilih rendah di Pilkada 2020. Namun KPU tetap optimis tingkat pemilih tinggi.
ANTARA FOTO/Irfan Anshori/wsj.
Ilustrasi. Pengamat politik dan parpol prediksi tingkat partisipasi pemilih rendah di Pilkada 2020. Namun KPU tetap optimis tingkat pemilih tinggi.

Partisipasi pemilih menjadi tantangan dalam pelaksanaan Pilkada 2020 di 270 daerah pada 9 Desember mendatang. Direktur Eksekutif Lembaga Survei Politik Populi Center, Usep S Ahyar menilai pandemi virus corona bisa menurunkan minat pemilih untuk datang ke tempat pemungutan suara atau TPS.

Usep menyatakan, penurunan partisipasi pemilih sangat mungkin terjadi lantaran protokol kesehatan yang jelas belum diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) sampai saat ini. Hal ini bisa menyebabkan pemilih merasa tak aman dan akhirnya lebih memilih tetap di rumah agar selamat dari virus corona.

Advertisement

“Sebenarnya sebelum pandemi keinginan masyarakat untuk memilih (Pilkada 2020) mencapai 90%, tapi dengan kondisi sekarang potensi menurun sangat besar sekali,” kata Usep kepada Katadata.co.id, Senin (6/7).

(Baca: Cekak Anggaran yang Membelit Tahap Lanjutan Pilkada 2020)

Selain faktor keamanan, menurut Usep, selama ini salah satu faktor utama pemilih mau ke TPS adalah ketertarikan pada kandidat. Ketertarikan itu muncul setelah calon pemilih menghadiri sosialisasi atau kampanye langsung yang dilakukan oleh kandidat. Sedangkan, di tengah pandemi pertemuan semacam itu tak bisa dilakukan secara maksimal.

Rencana KPU untuk membuat kampanye secara daring demi menghindari kontak fisik, pun menurut Usep tak akan bisa sepenuhnya mengembalikan euphoria kampanye langsung atau tatap muka. Terlebih tak semua daerah memiliki akses internet sama dan akan menjadi kendala dalam pelaksanaannya.

Dengan begitu, kata Usep, visi-misi kandidat tak akan bisa sepenuhnya tersampaikan. Sehingga, pengetahuan pemilih terhadap kandidat berkurang dan turut berpeluang mengurangi minat datang ke TPS.

“Banyak dari pemilih selama ini tahu penyelenggaraan Pilkada justru dari kandidat, bukan dari sosialisasi penyelenggara. Ini harus dicari jalan keluarnya,” kata Usep.

(Baca: Bakal Gelar Pilkada, 65 Kabupaten/Kota Masih Masuk Zona Merah Covid-19)

Oleh karena itu, menurut Usep, KPU dan pemerintah sebagai penyelenggara mesti segera merampungkan protokol kesehatan untuk Pilkada 2020 dan melakukan sosialisasi yang lebih massif. Jika dua hal itu tak dilakukan dalam waktu dekat, maka partisipasi pemilih akan jauh dari Pilkada di masa normal.   

Dari catatan Katadata.co.id, partisipasi pemilih pada dua Pilkada terakhir tak pernah menyentuh 80%. Pada Pilkada 2018 yang digelar di 171 daerah adalah sebesar 73,24%. Sementara pada Pilkada 2015 yang diselenggarakan di 264 wilayah lebih rendah, yakni 70%. Daerah penyelenggara Pilkada 2020 mayoritas sama dengan Pilkada 2015.

Perkara ini juga sempat menjadi sorotan partai politik atau parpol. Wakil Ketua Umum PKB Bidang Pemenangan Pemilu, Jazilul Fawaid menyatakan sosialisasi yang rendah dari KPU berpeluang menurunkan partisipasi pemilih. Sementara, hal ini menjadi salah satu indikator kesuksesan Pilkada.  

“Pilkada tentu bukan hanya soal menang kalah, tapi menjalankan demokrasi. Kalau partisipasinya rendah, berarti tingkat demokrasi kita bisa turun juga,” kata Jazilul kepada Katadata.co.id, Rabu (10/6).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement