Aksi Ambil Untung di Pasar Spot, Harga Emas Antam Stabil Rp 938 Ribu

Image title
14 Juli 2020, 11:57
Ilustrasi, emas batangan produksi PT Aneka Tambang Tbk. Harga emas Antam stabil di level Rp 938.000 per gram meski di pasar spot ada aksi profit taking.
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Ilustrasi, emas batangan produksi PT Aneka Tambang Tbk. Harga emas Antam stabil di level Rp 938.000 per gram meski di pasar spot ada aksi profit taking.

Harga emas batangan produksi PT Aneka Tambang Tbk tercatat stabil, meski pergerakan emas di pasar spot tercatat turun. Pada Selasa (14/7), harga emas Antam tercatat sebesar Rp 938.000 per gram, tak berubah dibandingkan harga sehari sebelumnya.

Mengutip Bloomberg, Selasa (14/7) pukul 11.00 WIB, harga emas di pasar spot tercatat berada di level US$ 1.798,41 per ons, turun 0,24% dibandingkan harga sebelumnya, yakni US$ 1.802,78 per ons.

Penurunan harga emas disebabkan karena pelaku pasar lebih memilih memegang dolar Amerika Serikat (AS). Terlihat dari pergerakan indeks dolar AS yang naik 0,1% menjadi 96,55.

Indikasi pelepasan emas sebenarnya sudah terlihat pada akhir pekan lalu, di mana sebagian investor melepas kepemilikannya dan beralih ke aset yang lebih berisiko, seperti saham.

Mengutip Reuters, Selasa (14/7), Managing Director RBC Wealth Management George Gero mengatakan, penurunan harga emas disebabkan karena investor melakukan profit taking.

"Pergerakan harga emas berada dalam tren kenaikan selama sepekan terakhir, sehingga investor melakukan proft taking dan menaruh dana di aset berisiko," kata Gero, dilansir dari Reuters.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...