Indonesia Bakal Tawarkan Proyek Air Rp 154 Triliun di WWF 2024

Hari Widowati
6 Mei 2024, 19:33
Indonesia menjadi tuan rumah World Water Forum ke-10 dengan tema Water For Shared Prosperty yang akan digelar pada 18-25 Mei 2024 di Bali.
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/Spt.
Sejumlah warga duduk di dekat logo World Water Forum ke-10 2024 di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (24/3/2024). Indonesia menjadi tuan rumah World Water Forum ke-10 dengan tema Water For Shared Prosperty yang akan digelar pada 18-25 Mei 2024 di Bali.
Button AI Summarize

Sekretaris Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Mohammad Zainal Fatah mengatakan Indonesia akan menawarkan sejumlah proyek strategis terkait air senilai US$9,6 miliar atau Rp 154 triliun dalam World Water Forum (WWF) ke-10. Daftar proyek tersebut saat ini sedang diseleksi dan dikumpulkan oleh Kementerian Perencanaan dan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas.

"Ini sudah menggabungkan banyak usulan, nilainya US$9,6 miliar berupa proyek. Apakah itu berupa proyek yang sudah berjalan atau proyek baru yang pendanaannya sudah ada di situ," ujar Mohammad, pada Senin (6/5).

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi juga mengatakan bahwa World Water Forum ke-10 di Bali akan membuka peluang investasi untuk pembangunan infrastruktur air untuk mencapai target akses air minum yang aman, adil, dan terjangkau pada 2030.

"World Water Forum ke-10 akan dihadiri banyak negara, forum ini seharusnya bisa menarik investasi baru pada infrastruktur air," ujar Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Kemenko Marves Nani Hendiarti, dalam keterangan pers, Senin (6/5).

Untuk mencapai target akses air minum yang aman, adil, dan terjangkau pada 2030 dibutuhkan investasi pada pipa air minum. Saat ini, perkembangan investasi pada pipa air minum baru sekitar 20,6%. Untuk meningkatkan investasinya menjadi 30%, dibutukan dana sebesar Rp 123 triliun.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...