MPIG Berkomitmen Menjaga Cita Rasa Kopi Flores Yang Mendunia

Image title
Oleh Maesaroh
30 September 2021, 13:59
Kopi, Flores
Yayasan KEHATI/www.kehati.or.id
Andre, anggota Asosiasi Petani Kopi Manggarai, memperlihatkan kopi Flores

Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis (MPIG) Kopi Arabika (KAFM) dan Kopi Robusta Flores Manggarai (KRFM) terus bertekad untuk menjaga cita rasa khas kopi Flores, Nusa Tenggara Timur, yang sudah mendunia, dengan tetap menjaga kelestarian alam.

"Kami ingin memperkuat kelembagaan MPIG Arabika dan selanjutnya robusta di Manggarai Flores menuju perbaikan tata kelola kopi berkelanjutan. Selain skill petani pada budi daya sampai paska panen, Yayasan KEHATI dan mitra juga mendorong terjadinya sinergi para pihak, pelibatan perempuan dan anak muda untuk terlibat dalam rantai nilai kopi," kata Manajer Program Ekosistem Pertanian Yayasan KEHATI Puji Sumedi Hanggarawati, dalam siaran pers, Kamis (30/9).

Sejak dibentuk pada tahun 2015,  MPIG-KAFM kini sudah beranggotakan 1.668 petani yang tergabung dalam 42 kelompok tani di Manggarai Raya.

Kelompok-kelompok tani ini membentuk Unit Pengolahan Hasil (UPH) kopi yang memiliki fasilitas pengolahan, memproduksi dan menghasilkan produk kopi.

Sementara itu, MPIG-KRFM beranggotakan 1.402 petani yang tergabung di 45 kelompok di tiga kabupaten dan pelaku usaha kopi.
" Tujuannya yaitu untuk mempertahankan dan melindungi kelestarian alam, kearifan lokal dan dan mutu kopi robusta Flores Manggarai", jelas Siprianus Korin Mangga, sekertaris MPIG KRFM.

MPIG KAFM bersifat inklusif dengan merangkul kelompok-kelompok lokal petani kopi yang berbasis di kawasan Flores. Anggotanya terdiri dari para produsen, perusahaan atau pengolah kopi yang telah memenuhi aturan-aturan dalam Buku Persyaratan Indikasi Geografis.

Cita Rasa Kopi Flores
Pulau Flores yang berada di Nusa Tenggara Timur dikenal sebagai salah satu penghasil kopi terbaik di Indonesia bahkan dunia.

Data Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian tahun 2014 mencatat luasan kebun kopi di Flores lebih dari 72 ribu hektar dan ditumbuhi jenis robusta dan arabika yang tersebar mulai Flores bagian barat sampai ujung bagian timur.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...