10 Makanan Khas Sumatra, dari Aceh sampai Lampung

Image title
29 Oktober 2021, 18:25
Tampilan seruit, salah satu makanan khas Sumatra.
indonesiatraveler.id
Tampilan seruit, salah satu makanan khas Sumatra

Pulau Sumatra punya segudang cara untuk menarik minat pengunjungnya. Pulau terbesar keenam di dunia ini memiliki keanekaragaman hayati yang luar biasa, termasuk danau kawah gunung berapi raksasa terbesar di dunia.

Selain kekayaan hayati, pulau yang memiliki banyak wilayah penghasil kopi ini juga mampu menggaet pengunjung lewat kuliner khasnya.

Advertisement

Pulau yang dikenal dengan keragaman budaya dan suku di masing-masing provinsi ini memiliki satu makanan khas yang cukup populer dan sampai ke telinga masyarakat global, yakni rendang. Bahkan, masakan yang berasal dari Sumatra Barat ini masuk dalam kamus oxford.

Makanan Khas Sumatra

Selain rendang, masih banyak kuliner tradisional yang lahir dari tangan masyarakat Pulau Sumatra. Mengutip buku Jelajah 34 Makanan Khas Provinsi di Indonesia oleh Kiki Ratnaning Arimbi, dan beberapa sumber terkait lainnya, berikut 10 makanan khas Sumatra, dari Aceh sampai Lampung.

1. Mi Aceh – Aceh

Aceh terkenal dengan kuliner khas mi aceh. Bahan dasar pembuatan mi tidak menggunakan tepung terigu, melainkan tepung tapioka. Proses pemasakannya pun terbilang unik, yaitu menggunakan arang. Alasannya, agar proses penyerapan panas pada wajan dapat merata.

Campuran pada mi aceh cukup beragam, mulai dari udang, kepiting, daging, dan ada juga cumi-cumi. Tipe penyajiannya pun dapat dipilih, yakni goreng basah, goreng, atau direbus, tinggal disesuaikan dengan selera Anda. Dengan rasanya yang khas, mi aceh kini dijual di berbagai kota di Indonesia.

Membuat mi aceh tidak memerlukan resep khusus. Akan tetapi, ada yang membedakan antara mi aceh dengan mi kuah lainnya, yakni jenis mi yang digunakan. Mi aceh umumnya berukuran sebesar lidi dan panjangnya disesuaikan dengan alat pemotong. Saat pertama kali menyantap mi aceh, cita rasa yang paling dominan adalah rempah-rempah yang kuat.

2. Bika Ambon – Sumatra Utara

Bika ambon adalah kue khas Medan, Sumatra Utara. Kue ini berwarna kuning dengan rongga menyerupai sarang semut. Kue dengan rasa legit ini merupakan salah satu panganan tradisional yang dibuat menggunakan fermentasi air nira atau tuak enau untuk menciptakan rongga yang menjadi ciri khas kue ini.

Berdasarkan penelitian, nira aren mengandung 91,1 % air, 0,28 % kadar abu, 0,41 % protein, 8,21 % karbohidrat, serta 0,67 % gula. Air ini juga sering digunakan sebagai bahan baku pembuatan gula semut, tuak, dan cuka.

Namun, untuk masyarakat yang menghindari konsumsi alkohol, bika ambon biasa dibuat dengan menggunakan ragi instan biasa dan air kelapa.

3. Rendang – Sumatra Barat

Makanan khas Sumatra Barat ini berbahan utama daging sapi dibalut bumbu rempah seperti daun jeruk, serai, daun kunyit, kelapa parut, santan, pekak, dan sebagainya. Rendang biasanya menjadi lauk pendamping nasi putih hangat atau lalapan singkong.

Nama rendang merujuk pada lamanya waktu memasak daging hingga teksturnya menjadi empuk, kering, hingga mengeluarkan aroma rempah yang kuat. Teknik memasak tersebut, menjadikan rendang punya cita rasa yang khas.

Berdasarkan bahan utama pembuatannya, makanan khas Tanah Air dibagi menjadi rendang sapi, ayam, ikan, telur, cumi-cumi, hingga udang. Untuk rendang dagang sapi dikelompokan menjadi rendang limpa, paru, dan babat.

4. Gulai Ikan Patin – Jambi

Untuk membuat gulai ikan patin diperlukan beberapa bumbu dan bahan, di antaranya jahe, merica kunyit, bawang merah, bawang putih, kemiri, gula pasir, minyak sayur, santan kelapa kental, daun salam, ikan patin, santan kelapa encer, garam dapur, dan serai.

Untuk membuat gulai ikan patin, Anda perlu membersihkan sisik dan kotoran dalam perut ikan terlebih dahulu. Selanjutnya, ikan dilumuri dengan perasan air jeruk dan garam dapur. Lalu, haluskan bahan-bahan bumbu, kemudian masukkan ke dalam air mendidih.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement