Mengulas Tari Gantar, Kesenian Tradisional dari Kalimantan Timur

Image title
3 Desember 2021, 11:46
Pementasan Tari Gantar yang berasal dari Kalimantan Timur
instagram/ve_elii25
Pementasan Tari Gantar yang berasal dari Kalimantan Timur

Tari Gantar berasal dari Suku Dayak Benuaq dan Dayak Tunjung di Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur. Kesenian ini merupakan jenis tarian pergaulan antara muda mudi yang dipentaskan dalam upacara selamatan untuk memohon berkah kepada Dewi Sri atau Dewi Padi. Hal tersebut dijelaskan oleh Drs. Ida Bagus Sudirga dalam buku Agama Hindu SMA.

Pada zaman dahulu, setelah selesai menampilkan Tari Gantar, seekor kerbau disembelih sebagai korban. Menurut kepercayaan masyarakat, jika darah kerbau yang disembelih menyembur dengan sangat deras, berarti hasil panen akan berlimpah.

Mengutip Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Tari Gantar melambangkan kegembiraan dan juga keramahan Suku Dayak dalam menyambut tamu yang datang berkunjung, baik sebagai wisatawan, investor, atau para tamu yang dihormati. Bahkan, mereka diajak menari bersama para penari.

Properti Tari Gantar

Properti tari adalah adalah perlengkapan yang tidak termasuk kostum, tidak termasuk pula perlengkapan panggung, tetapi merupakan perlengkapan penari. Misalnya kipas, pedang, tombak, panah, topeng, dan piring.

Secara umum, fungsi atau tujuan penggunaan properti tari yaitu sebagai penambah nilai estetika tarian yang ditampilkan serta sebagai media dalam penyampaian pesan dan makna dari tarian yang dipentaskan.

Busana yang digunakan untuk Tari Gantar adalah tenun ulap doyo, yaitu kain tenun yang terbuat dari serat daun doyo, tanaman sejenis pandan yang berserat kuat. Sedangkan properti Tari Gantar terdiri dari:

  • Senak: tongkat panjang.
  • Kusak: Bambu berisi biji-bijian.
  • Pesapu: lkat kepala yang banyak dikenakan oleh para penari pria suku Dayak Benuaq dan Tunjung di Kalimantan Timur. Terbuat dari kain atau batik.

Tari Gantar menggambarkan gerakan orang yang tengah menanam padi. Penari menggunakan properti senak sebagai kayu penumbuk untuk melubangi tanah. Sedangkan kusak berisi padi-padian yang melambangkan benih padi dan wadahnya.

Jenis Tari Gantar

Bersumber dari Ensiklopedia Musik dan Tari Daerah di Kalimantan Timur, ada beberapa jenis Tari Gantar, yaitu:

1. Gantar Rayatan

Tari Gantar Rayatan hanya menggunakan satu alat, yaitu kayu yang panjang. Pada ujung kayu diikatkan tengkorak manusia yang dibungkus dengan kain merah dan dihiasi dengan gebang, yaitu sejenis pohon palem. Para penari berkeliling sambil bernyanyi.

Pada pinggang penari terikat mandau, yaitu senjata tradisional khas Kalimantan berbentuk parang, bersarung khas atau kumpang, berujung runcing, bagian punggung biasanya berukir, gagangnya terbuat dari tanduk rusa yang diberi hiasan bulu kambing atau ekor kuda.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...