Banjir Papua Tewaskan 6 Orang, Hujan Lebat Karena Gelombang Atmosfer

Image title
Oleh Maesaroh
7 Januari 2022, 18:23
banjir, papua, cuaca ekstrem
ANTARA FOTO/Fredy Fakdawer/wpa/hp.
Suasana Pasar Youtefa yang terendam banjir di Abepura, Jayapura, Papua, Jumat (7/1/2022). Berdasarkan data BNPB hujan lebat dan tanah longsor di sejumlah wilayah Jayapura telah mengakibatkan enam orang meninggal dunia.

Hujan lebat yang mengguyur kota Jayapura, Papua, menyebabkan banjir hingga tanah longsor. Bencana tersebut juga menewaskan enam orang dan ratusan orang mengungsi.

Berdasarkan keterangan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada Jumat (7/1), dari total korban jiwa, tiga orang telah diidentifikasi, sedangkan sisanya masih dalam proses identifikasi.

Advertisement

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jayapura mencatat sebanyak 500 orang mengungsi ke rumah kerabat terdekat.

BPBD terus melakukan evakuasi warga yang terjebak banjir dengan menggunakan tiga perahu karet serta satu truk serbaguna untuk evakuasi warga terdampak longsor.

 Dinas Pekerjaan Umum setempat juga telah mengerahkan alat berat untuk mendukung percepatan penanganan wilayah terdampak tanah longsor.

Banjir dan longsor yang melanda beberapa distrik atau kecamatan di Kota Jayapura, Provinsi Papua terjadi sejak Kamis malam (6/1) sekitar pukul 22.00 WIT.

Distrik terdampak meliputi Distrik Jayapura Utara, Jayapura Selatan, Abepura, Heram dan Muara Tami. BNPB terus memonitor dan berkoordinasi dengan BPBD setempat terkait giat tanggap darurat.

 Fenomena Perpaduan Gelombang Atmosfer

Dilansir dari Antara, Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah V Jayapura mengatakan secara analisis global hujan dengan intensitas sangat lebat atau ekstrem di wilayah Kota dan Kabupaten Jayapura serta Keerom disebabkan adanya perpaduan gelombang atmosfer yang meningkatkan labilitas atmosfer di wilayah Papua.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement