7 Rekomendasi Camilan Oleh-oleh Khas Blitar

Dwi Latifatul Fajri
9 Mei 2022, 10:37
oleh oleh khas Blitar
Instagram/agen_snack_kekinian
Ilustrasi, opak Gambir.

Kota Blitar berada di bagian selatan provinsi Jawa Timur. Kota yang berbatasan dengan kota Malang dan Surabaya ini memiliki tempat wisata alam dan tempat bersejarah.

Salah satu obyek wisata populer di kota Blitar adalah, gunung Kelud. Gunung berapi aktif ini berada di perbatasan Kabupaten Kediri, Malang, dan Blitar. Gunung Kelud juga menjadi jalur pendakian.

Anda bisa pergi ke pantai, taman, bukit, dan perkebunan di kota Blitar. Ada juga tempat wisata bersejarah yaitu Candi Penataran, Arcak Warak, dan Makam Bung Karno.

Anda bisa menikmati kuliner khas Blitar yaitu rujak cingur, tahu bumbu lawu, dan nasi ampok. Rujak cingur adalah makanan tradisional di Jawa Timur. Isi rujak cingur adalah mentimun, lontong, tahu, tempe, kangkung, kacang panjang, bengkoang, dan lidah sapi. Kemudian bagian atas ditambahkan bumbu kacang.

Makanan tradisional selanjutnya adalah tahu bumbu lawu. Makanan ini menggunakan isian tahu goreng, lontong, tauge, dan bumbu kacang. Ada juga nasi ampok, makanan tradisional khas Blitar. Nasi ampok menggunakan jagung sebagai pengganti nasi. Untuk lauk nasi ampok ada sambal tomat, sayur rebus, dan ikan asin.

Oleh-oleh Khas Blitar

1. Opak Gambir

Opak Gambir termasuk kue kering khas Blitar. Makanan ini memiliki rasa manis dan krispi ketika dimakan. Bahan utama opak gambir menggunakan tepung ketan, tepung beras, dan ruas jahe. Kue kering ini memakai santan cair dan gula untuk penambah rasa gurih dan manis. Opak gambir berbentuk kerucut, teksturnya padat, dan berwarna-warni. Anda dapat membeli kue kring ini di toko oleh-oleh Blitar.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...