9 Oleh Oleh Khas Sukabumi yang Bisa Dibeli saat Mudik

Jika Anda mudik lewat jalur Pansela, maka Anda akan melalui daerah Sukabumi. Di daerah ini Anda bisa membeli oleh oleh khas Sukabumi untuk keluarga dan kerabat di kampung halaman.
Image title
28 April 2022, 09:32
Ilustrasi kue mochi salah satu oleh oleh khas Sukabumi
pexels.com
Ilustrasi kue mochi salah satu oleh oleh khas Sukabumi

Jalur Lintas Pantai Selatan (Pansela) Jawa merupakan jalan alternatif non tol yang biasanya dipakai pemudik dari Jakarta ke Jawa Tengah. Jalur ini dimulai dari Banten dan melintasi Kabupaten Sukabumi, Jawa Tengah.

Bagi Anda yang melalui jalur Pansela, maka Anda akan disuguhi pemandangan indah di sekitar Sukabumi. Anda juga bisa mampir ke wisata Sukabumi sejenak untuk sekadar melepas lelah. Selain itu, Anda juga bisa membeli oleh oleh khas Sukabumi untuk sanak keluarga di rumah.

Oleh-oleh Khas Sukabumi yang Terkenal

Di Sukabumi terdapat makanan khas yang sering menjadi oleh-oleh khas dari daerah tersebut. Makanan khas tersebut memiliki cita rasa yang enak dan unik. Apa sajakah makanan khas Sukabumi yang sering menjadi oleh-oleh? Berikut daftar referensinya.

1. Kue Mochi Lampion

Mochi menjadi salah satu kue yang banyak dijajakan di sekitar Sukabumi. Walaupun bukan asli Sukabumi, namun makanan ini sering dibeli sebagai buah tangan khas Sukabumi. Kue mochi memiliki tekstur lembut dan kenyal.

Advertisement

Kue Mochi Lampion ini sangat melegenda karena telah diproduksi sejak tahun 1983. Jika ingin membelinya, Anda bisa mengunjungi pusat oleh-oleh di sekitar Sukabumi.

2. Roti Priangan

Oleh oleh khas Sukabumi lainnya yang cukup diminati yaitu Roti Priangan. Makanan ini memiliki rasa yang lezat dan nikmati karena dibuat dari adonan khusus. Jika Anda tertarik mencicipi makanan ini, silakan datang ke Toko Roti Oey Tjiang Lie yang melegenda.

3. Bandros Mang Ata

Bandros Mang Ata menjadi kuliner asal Sukabumi yang banyak diminati. Makanan ini memiliki rasa yang lezat sehingga disukai masyarakat sekitar dan sering dibeli sebagai oleh-oleh. Makanan ini juga sangat cocok menjadi teman minum teh di malam hari.

Anda bisa menjumpai penjual Bandors Mang Ata di sekitar Jalan Gedung No. 4 Sukabumi. Penjual makanan ini sudah mulai berjualan dari pukut 20.30 WIB hingga 06.00 WIB. Maka dari itu, kue ini sering menjadi kudapan malam hari sembari menikmati suasana malam di Sukabumi.

4. Cokelat Unai Choco

Jika melewati Sukabumi saat mudik, jangan lupa mampir untuk membeli Cokelat Unai Choco. Makanan manis ini dibuat dengan teknik khusus, dengan bahan baku terbaik yaitu 100% cokelat asli. Rasa yang ditawarkan juga cukup beragam, sehingga Anda bisa memilih rasa sesuai selera.

Untuk mendapatkan makanan lezat ini, Anda dapat membelinya dengan harga kurang lebih Rp40.000 per topeles. Anda bisa membeli makanan ini di pusat oleh-oleh yang ada di Sukabumi.

5. Pisang Cakra

Biasanya kita menjumpai olahan dari pisang sebagai oleh oleh khas Lampung. Namun ternyata, di Sukabumi juga ada makanan yang terbuat dari pisang dan biasa diburu untuk menjadi oleh-oleh. Olahan pisang dari Sukabumi yang biasa dijadikan oleh-oleh yaitu Pisang Cakra.

Makanan ini terbuat dari pisang yang dibalut dengan kulit lumpia. Setelah itu digoreng dan diberi topping yang membuat rasanya semakin lezat. Jika Anda tertarik untuk mencicipinya, silakan datang ke Jalan Jenderal Ahmad Yani, Gunung Parang, Cikole, Sukabumi.

6. Bolu Pisang Ibu Onih

Oleh oleh khas Sukabumi lainnya yang bisa Anda beli saat mudik melalui Sukabumi yaitu Bolu Pisang Ibu Onih. Makanan ini sangat melegenda pasalnya telah diproduksi sejak 1988 lalu. Makanan ini dibuat tanpa menggunakan bahan pengawet, sehingga aman dikonsumsi. Tak hanya itu makanan ini juga bisa bertahan lama hingga seminggu, maka dari itu bolu pisang ini sering menjadi oleh-oleh.

7. Sagon Bakar

Sagon bakar merupakan kue kering yang sering menjadi buah tangan wisatawan yang datang ke Sukabumi. Makanan ini memiliki rasa gurih dan renyah, karena terbuat dari kelapa yang dicampur dengan bahan spesial lainnya.

Saat ini, sagon bakar memiliki beragam varian rasa seperti; kopi, keju, dan cokelat. Makanan ini aman untuk dikonsumsi orang yang sedang diet, pasalnya lemak kelapa dalam sagon bakar akan berkurang saat proses pemasakan.

8. Kue Jahe

Kue kering lainnya yang juga sering menjadi oleh oleh khas Sukabumi yaitu kue jahe. Makanan ini memiliki rasa yang manis dan bisa memberikan efek hangat. Pasalnya, dalam proses pembuatannya terdapat parutan jahe asli. Makanan ini sering dikonsumsi saat malam hari karena dapat membuat tubuh terasa hangat.

9. Deblo

Deblo merupakan makanan tradisional yang kini mulai langka. Meskipun demikian, makanan ini masih banyak digemari karena rasanya yang khas. Deblo terbuat dari singkong dan ditambah dengan beberapa bumbu seperti; kunyit, daun bawang, bawang putih, garam, dan merica. Bahan-bahan tersebut kemudian ditumbuk hingga menjadi adonan halus. Setelah itu dibentuk bulat dan digoreng sampai kering.

Itulah beberapa oleh oleh khas Sukabumi yang bisa Anda beli saat mudik melewati Sukabumi. Makanan-makanan tersebut juga cocok menjadi sajian saat Lebaran.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait