Smart Village Lebarkan Akses Literasi hingga ke Pelosok

Sahistya Dhanesworo
Oleh Sahistya Dhanesworo - Tim Riset dan Publikasi
10 Agustus 2022, 16:28
Smart village tak hanya memungkinkan warga desa untuk lebih melek digital, tetapi juga memiliki lingkungan yang mencerdaskan.
ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/rwa.

Pesatnya transformasi digital telah mendorong lahirnya kota pintar atau smart city. Smart city yakni kota yang mengintegrasikan elemen-elemennya dengan teknologi untuk mendukung kesinambungan kehidupan perkotaan. Tujuan smart city adalah meningkatkan pelayanan publik yang transparan, efisien dan adil bagi masyarakat. 

Mengutip laman jurnal.kominfo.go.id, penerapan smart city dalam konteks Indonesia setidaknya didukung oleh tiga elemen utama. Yaitu, kapasitas kelembagaan pemerintah, sumber daya manusia, serta infrastruktur teknologi.

Seiring berkembangnya smart city, pemerintah Indonesia berusaha menerapkan konsep yang sama pada unit yang lebih kecil, yaitu mendorong terciptanya desa pintar atau smart village. Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) telah menargetkan lahirnya 3.000 smart villages dalam rentang tahun 2020-2024. 

Menteri Desa dan PDTT Abdul Halim Iskandar mendefinisikan smart village sebagai desa yang mampu meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakatnya melalui pemanfaatan teknologi dalam berbagai aspek. Hal ini dilakukan untuk mewujudkan desa mandiri. 

Desa mandiri adalah desa yang mempunyai ketersediaan dan akses terhadap pelayanan dasar, infrastrukturnya memadai, serta punya pelayanan umum dan pemerintahan yang sangat baik. “Smart village adalah pembangunan desa yang berbasis penerapan teknologi tepat guna,” ujar Halim dalam siaran pers.

Hingga tahun 2021, dari 74.957 desa di Indonesia, hanya 3.269 desa yang berstatus sebagai Desa Mandiri. Rinciannya antara lain:

- Desa Mandiri: 3.269 desa

- Desa Maju: 15.321 desa

- Desa Berkembang: 38.083 desa

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...