Tahun Depan, Saka Mulai Studi Awal Cari Migas di Blok West Yamdena

Anggita Rezki Amelia
14 Desember 2018, 18:48
Rig Minyak
Katadata

PT Saka Energi Indonesia akan mulai melakukan studi awal berupa kegiatan geologi dan geofisika (G&G) di Blok West Yamdena tahun depan. Ini merupakan bagian komitmen pasti setelah berhasil memenangkan blok yang berada di lepas pantai Maluku itu pada lelang tahun 2017.

Kegiatan G&G merupakan tahapan awal eksplorasi migas. Tujuannya untuk memetakan persebaran batuan dan formasi batuan juga struktur geologi di bawah permukaan tanah.

Vice President Exploration PT Saka Energi Indonesia Rovicky Putrohari mengatakan studi G&G ini akan menjadi acuan perusahaan ketika mengakuisisi atau membeli data seismik dari perusahaan jasa survei. Adapun di blok tersebut, Saka memiliki kewajiban seismik 2 dimensi (2D) sepanjang 1.000 kilometer (km).

Survei seismik 2D adalah kegiatan pencarian potensi migas di daratan dengan menggunakan teknologi awal, yaitu dua dimensi. Prinsip kerja teknologi seismik dua dimensi yakni dengan mencatat pantulan getaran dari dalam tanah pada kedalaman tertentu.

Namun menurut Rovicky, pihaknya berencana akan membeli data seismik melebihi dari 1.000 km nantinya. "Iya bisa lebih, pasti kan perlu pengikatan pada sumur/seismik di sekitarnya. Jadi sangat mungkin perlu tambahan," kata dia kepada Katadata.co.id, Jumat (14/12).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...