Jual-Beli Gas Train 3 Tangguh Belum Dapat Restu Menteri ESDM

Anggita Rezki Amelia
15 April 2016, 15:15
Tangguh LNG
Arief Kamaludin|KATADATA

Nasib proyek Tangguh Train 3 masih belum menemui titik terang. Penjualan gas hasil produksi fasilitas ketiga pengolahan gas alam cair (LNG) Tangguh ini masih belum mendapat restu dari Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said. Padahal, restu tersebut dibutuhkan BP Indonesia sebagai operator proyek ini untuk menuntaskan keputusan final investasi atau Final Investment Decision (FID) Train 3 Tangguh yang ditargetkan pada medio tahun ini.

Kepala Divisi Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Gas PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Chairani Rachmatullah mengatakan, sebenarnya PLN dan BP Indonesia sudah menyepakati transaksi jual-beli gas Train 3 Tangguh bulan ini. Namun, PLN sebagai pembeli domestik sampai saat ini masih menunggu persetujuan Menteri ESDM agar dapat menyerap gas dari Train 3. “Semoga pekan depan bisa diumumkan oleh Kementerian ESDM,” kata dia kepada Katadata, Kamis (14/4). 

Lantaran belum mengantongi keputusan Menteri ESDM, Chairani tidak mau menyebutkan jumlah volume gas yang akan dibeli oleh PLN. Yang jelas, gas dari Tangguh ini nantinya akan digunakan untuk pembangkit peaker. INi merupakan pembangkit cadangan yang akan digunakan saat permintaan listrik sedang tinggi.

(Baca: Dicari: Pembeli LNG Tangguh Train 3 Secepatnya)

Meski belum mau menyebut volume dan harga beli gas Train 3 Tangguh yang sudah disepakati antara BP Indonesia dan PLN, Chairani mengaku PLN membuka peluang menambah porsi pembelian gas tersebut. Hal ini sesuai dengan keinginan pemerintah yang ingin memperbanyak porsi pembeli gas dari domestik. Selain itu, kebutuhan gas PLN kemungkinan bisa terus meningkat.

PLN memang masih membutuhkan tambahan pasokan LNG untuk mengantisipasi jika pembangkit berbahan bakar batubara terlambat beroperasi atau menghadapi kendala. Jika itu terjadi maka pembangkit gas yang dioperasikan akan lebih banyak. “Itu yang harus dihitung lagi,” kata dia. (Baca: Jaminan Gas untuk Proyek Pembangkit Listrik)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...